Starbucks' Marketing Public Relations: A Beverage or a Lifestyle?
Isi Artikel Utama
Abstrak
Budaya ‘ngopi’ yang sudah dikenal sejak lama di dunia Islam menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Banyaknya ragam brand tempat ‘ngopi’ juga menjadi pelengkap gaya hidup masyarakat kota besar. Brand Starbucks yang berasal dari Amerika pun menjadi pilihan banyak penikmat kopi khususnya di kota Palembang. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui apakah brand Starbucks hanya gerai makanan dan minuman atau telah menjadi bagian dari gaya hidup? Dengan melakukan metode desk research dan observasi di empat gerai Strabucks di kota Palembang dan dengan menggunakan pendekatan 4Ps marketing dan teori strategi marketing public relations, peneliti menemukan bahwa brand Starbucks tak hanya gerai makanan dan minuman namun telah melekatkan brandnya menjadi bagian dari lifestyle sekaligus juga memanfaatkan pendekatan teori dan menggunakan media digital untuk semakin mengkokohkan eksistensi brand Starbucks pada konsumen maupun calon konsumen.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Starbucks’ Marketing Public Relations: A Beverage or a Lifestyle?. (2023). Wardah, 24(1), 1-19. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17880
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Starbucks’ Marketing Public Relations: A Beverage or a Lifestyle?. (2023). Wardah, 24(1), 1-19. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.17880
Referensi
Afdholy, Nadya. “Perilaku Konsumsi Masyarakat Urban Pada Produk Kopi Ala Starbucks.” Satwika: Jurnal Kajian Budaya dan Perubahan Sosial 3, No. April (2019).
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. perta. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Aryani, Dwi Nita, Padmalini Singh, Yee Wen Liew, Daisy Mui Hung Kee, Yurou Li, Jiahui Li, Choon Yan Lim, and Wibowo Arif. "How Brand Reputation Influences Customer Satisfaction: A Case Study of Starbucks, Malaysia." International Journal of Tourism and Hospitality in Asia Pasific 4, no. 3 (2021): 60–72.
Baudrillard, Jean. “Simulacra and Simulations (1981).” In Crime and Media, edited by Chris Greer, 624. 1st editio. London, 2010.
Hanafi, Muchlis M. “Tradisi Ngopi Kaum Santri.” NU Online. Last modified 2018. https://nu.or.id/opini/tradisi-ngopi-kaum-santri-ChTFt.
Harris, Thomas L., and Patricia T. Whalen. The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson Higher Education, 2006.
Jung, Hui. "Starbucks in the World." Holistica 10, no. 3 (2019): 99–110.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 2016.
Mustain, Hasma Laely. “Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Makasar.” Universitas Hasanuddin, 2012.
Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Sasongko, Agung. “Tradisi Minum Kopi Di Dunia Islam.” Ihram.Co.Id. Last modified 2022. https://ihram.republika.co.id/berita/rlne9d313/tradisi-minum-kopi-di-dunia-islam.
Starbucks. "Starbucks Beverages." Last modified 2023. https://www.starbucks.co.id/menu/beverage-list.
Statista. "Number of Starbucks Stores Worldwide from 2003 to 2022." Last modified 2023. Accessed April 12, 2023. https://www.statista.com/statistics/266465/number-of-starbucks-stores-worldwide/.
———. "Selected Countries with the Largest Number of Starbucks Stores Worldwide as of October 2022." Last modified 2023. Accessed April 12, 2023. https://www.statista.com/statistics/306915/countries-with-the-largest-number-of-starbucks-stores-worldwide/.
Thomas W. Edgar and David O. Manz, “Exploratory Study,” Research Methods for Cyber Security (2017): 95–130.
lZellatifanny, Cut Medika, and Bambang Mudjiyanto. “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi.” Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi 1, no. 2 (2018): 83–90.
Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. perta. Sukabumi: CV Jejak, 2018.
Aryani, Dwi Nita, Padmalini Singh, Yee Wen Liew, Daisy Mui Hung Kee, Yurou Li, Jiahui Li, Choon Yan Lim, and Wibowo Arif. "How Brand Reputation Influences Customer Satisfaction: A Case Study of Starbucks, Malaysia." International Journal of Tourism and Hospitality in Asia Pasific 4, no. 3 (2021): 60–72.
Baudrillard, Jean. “Simulacra and Simulations (1981).” In Crime and Media, edited by Chris Greer, 624. 1st editio. London, 2010.
Hanafi, Muchlis M. “Tradisi Ngopi Kaum Santri.” NU Online. Last modified 2018. https://nu.or.id/opini/tradisi-ngopi-kaum-santri-ChTFt.
Harris, Thomas L., and Patricia T. Whalen. The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson Higher Education, 2006.
Jung, Hui. "Starbucks in the World." Holistica 10, no. 3 (2019): 99–110.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 2016.
Mustain, Hasma Laely. “Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Coffee Di Makasar.” Universitas Hasanuddin, 2012.
Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2010.
Sasongko, Agung. “Tradisi Minum Kopi Di Dunia Islam.” Ihram.Co.Id. Last modified 2022. https://ihram.republika.co.id/berita/rlne9d313/tradisi-minum-kopi-di-dunia-islam.
Starbucks. "Starbucks Beverages." Last modified 2023. https://www.starbucks.co.id/menu/beverage-list.
Statista. "Number of Starbucks Stores Worldwide from 2003 to 2022." Last modified 2023. Accessed April 12, 2023. https://www.statista.com/statistics/266465/number-of-starbucks-stores-worldwide/.
———. "Selected Countries with the Largest Number of Starbucks Stores Worldwide as of October 2022." Last modified 2023. Accessed April 12, 2023. https://www.statista.com/statistics/306915/countries-with-the-largest-number-of-starbucks-stores-worldwide/.
Thomas W. Edgar and David O. Manz, “Exploratory Study,” Research Methods for Cyber Security (2017): 95–130.
lZellatifanny, Cut Medika, and Bambang Mudjiyanto. “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi.” Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi 1, no. 2 (2018): 83–90.