Da’wah Communication Strategy of Kiai Marogan Islamic Boarding School Palembang in the Mass Media
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini, ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan pondok pesantren Kiai Marogan melalui media massa. Kemudian juga ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program dakwah pondok pesantren Kiai Marogan. Berdasarkan hal itu, maka tujuan yang ingin dicapai dari hasil penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah yang diterapkan pondok pesantren Kiai Marogan di media massa. Kedua, untuk mengetahui respon masyarakat tentang pengembangan pondok pesantren Kiai Marogan. Ketiga, penelitian ini dapat menjadi acuan dalam membuat kebijakan baru untuk pengembangan program dakwah yang lebih baik. Sedangkan manfaat penelitian antara lain. Pertama, secara teoritis, hasil penelitian ini dapat menambah khasanah dalam bidang ilmu dakwah dan komunikasi. Kedua, secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi para penggiat dakwah, baik secara perorangan, kelompok, lembaga, organisasi, dan pemerintah dalam merumuskan strategi yang paling tepat untuk mengatasi problematika dakwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang bertujuan untuk memahi secara mendalam fenomena komunikasi dakwah yang berlangsung di pondok pesantren Kiai Marogan
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Da’wah Communication Strategy of Kiai Marogan Islamic Boarding School Palembang in the Mass Media. (2023). Wardah, 24(1), 160-178. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.18382
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Da’wah Communication Strategy of Kiai Marogan Islamic Boarding School Palembang in the Mass Media. (2023). Wardah, 24(1), 160-178. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i1.18382
Referensi
Adams, Lewis Mulford ed, Webster’s World University Dictionary, Washington: Publisher. 1965,
Abdul Munir Mulkhan, Ideologi Gerakan Dakwah: Episode Kehidupan M. Natsir dan Azhar Basyir, Yogyakarta: Sipress. 1996,
Al-Katiri, Jufri, Ahmadiyah Qadian dalam Perspektif Komunikasi Antarbudaya: Kajian Tentang Agama di Ruang Publik, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2005,
Askurifa’i Baksin, Jurnalistik TV Teori dan Praktek (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2006
Arifin, HM., Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara. 1991,
Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350
Cangara, Hafied, , Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers. 2013
David, Fred R. Manajemen Strategi dan Konsep, Jakarta: Prenhalindo. 2002,
Guba, Egon G. Dan Yvonna S. Lincoln, Effective Evaluation, San Fransisco: Jossey-Bass Publisher. 1995,
Hidayati, Arimi Hidayati, Televisi dan Perkembangan Sosial Anak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998,
John E. Kennedy dan R. Demawan Soemanagara, Marketting Communication, Jakarta: PT Buana Ilmu Populer. 2009,
Kirk, Jarome & Marc L. Miller, Reliability and Validity in Qualitative Research, Vol.1, Beverly Hills: Sage Publication, 1986,
Moleong, Lexy JMoleong Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. . 2006,
Morissan, Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta: Prenada Media Group. 2008,
Muslimin, Komunikasi Islam, Jakarta: Amzah. 2021.
Nuraida dan Muslimin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2023.
Onong Ucjana Effendy, Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004,
Pimay, Awaluddin, Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2005,
Roudhonah, Ilmu Komunikasi, Ciputat: UIN Jakarta Press. 2007,
Sulatri. Irta, Komunikasi Dakwah di Kota Padang: Kajian Fenomenologi tentang Perilaku Komunikasi Da’i dalam Berdakwah di Kota Padang, Bandung: Universitas Padjajaran. 2015,
Triton PB, Manajemen Strategis, Yogyakarta: Tugu Publisher. 2007,
Wawancara Pribadi dengan H. Masagus Ahmad Fauzan, Pembina Pondok Pesantren Kiai Marogan. 2022,
Wawan Kuswandi, Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Isi Media Televisi Rineka Cipta, 1996,
Wiryanto, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: PT Grasindo. 2000,
Abdul Munir Mulkhan, Ideologi Gerakan Dakwah: Episode Kehidupan M. Natsir dan Azhar Basyir, Yogyakarta: Sipress. 1996,
Al-Katiri, Jufri, Ahmadiyah Qadian dalam Perspektif Komunikasi Antarbudaya: Kajian Tentang Agama di Ruang Publik, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2005,
Askurifa’i Baksin, Jurnalistik TV Teori dan Praktek (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2006
Arifin, HM., Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara. 1991,
Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350
Cangara, Hafied, , Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers. 2013
David, Fred R. Manajemen Strategi dan Konsep, Jakarta: Prenhalindo. 2002,
Guba, Egon G. Dan Yvonna S. Lincoln, Effective Evaluation, San Fransisco: Jossey-Bass Publisher. 1995,
Hidayati, Arimi Hidayati, Televisi dan Perkembangan Sosial Anak, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998,
John E. Kennedy dan R. Demawan Soemanagara, Marketting Communication, Jakarta: PT Buana Ilmu Populer. 2009,
Kirk, Jarome & Marc L. Miller, Reliability and Validity in Qualitative Research, Vol.1, Beverly Hills: Sage Publication, 1986,
Moleong, Lexy JMoleong Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. . 2006,
Morissan, Jurnalistik Televisi Mutakhir, Jakarta: Prenada Media Group. 2008,
Muslimin, Komunikasi Islam, Jakarta: Amzah. 2021.
Nuraida dan Muslimin, Metodologi Studi Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2023.
Onong Ucjana Effendy, Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004,
Pimay, Awaluddin, Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2005,
Roudhonah, Ilmu Komunikasi, Ciputat: UIN Jakarta Press. 2007,
Sulatri. Irta, Komunikasi Dakwah di Kota Padang: Kajian Fenomenologi tentang Perilaku Komunikasi Da’i dalam Berdakwah di Kota Padang, Bandung: Universitas Padjajaran. 2015,
Triton PB, Manajemen Strategis, Yogyakarta: Tugu Publisher. 2007,
Wawancara Pribadi dengan H. Masagus Ahmad Fauzan, Pembina Pondok Pesantren Kiai Marogan. 2022,
Wawan Kuswandi, Komunikasi Massa: Sebuah Analisis Isi Media Televisi Rineka Cipta, 1996,
Wiryanto, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: PT Grasindo. 2000,