The Effect of Good Governance Practices and Decision Making at Da’wah and Communication Faculty UIN Raden Fatah Palembang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam lanskap dinamis pendidikan tinggi, praktik tata kelola yang efektif dan pengambilan keputusan dalam institusi akademik sangat penting untuk membentuk lingkungan akademik. Hal ini berlaku terutama untuk fakultas yang didedikasikan untuk Dakwah dan Komunikasi, di mana prinsip-prinsip agama, komunikasi, dan kekakuan akademis bertemu. Studi ini mengeksplorasi praktik tata kelola dan dinamika pengambilan keputusan di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggali struktur administrasi, proses pengambilan keputusan, dan dampaknya terhadap dimensi akademik, agama, dan komunikatif. Membedakan tata kelola pendidikan dari tata kelola perusahaan, studi ini menggarisbawahi kompleksitas konteks pendidikan. Di Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Rapat Tinjauan Manajemen berfungsi sebagai praktik tata kelola yang penting. Pertemuan tersebut meliputi tinjauan agenda, evaluasi pertemuan sebelumnya, kontribusi akademik, kemahasiswaan, analisis keuangan, penilaian teknologi, dan diskusi terbuka. Pendekatan strategis ini meningkatkan kinerja organisasi, selaras dengan prinsip-prinsip tata kelola yang baik. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, memanfaatkan data cross-sectional dari wawancara dan kuesioner. Skala Likert mengukur persepsi, dengan pengambilan keputusan sebagai variabel dependen dan tata kelola yang baik sebagai variabel independen. Pengujian hipotesis melibatkan regresi linier sederhana dan tes parsial. Temuan penelitian menunjukkan korelasi positif tetapi tidak signifikan secara statistik antara manajemen pengetahuan (KM) dan pengambilan keputusan (DM). Faktor yang mempengaruhi meliputi ukuran sampel kecil, variabilitas tinggi, metode pengukuran tidak sensitif, variabel kontrol yang tidak terhitung, aspek temporal, dan faktor peluang. Meningkatkan signifikansi memerlukan ukuran sampel yang diperluas, variabel kontrol terperinci, dan metode statistik yang kuat. Pertimbangan kontekstual sangat penting, menekankan sifat tergantung konteks dari hubungan KM-DM. Kesimpulannya, hubungan KM-DM umumnya dianggap positif, namun tidak memiliki signifikansi statistik yang konsisten. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan ini memerlukan perbaikan metodologis. Menyadari sifat tergantung konteks dampak KM pada hasil pengambilan keputusan, peneliti dapat memperbaiki strategi untuk pengambilan keputusan yang lebih bertarget dalam organisasi pendidikan.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
The Effect of Good Governance Practices and Decision Making at Da’wah and Communication Faculty UIN Raden Fatah Palembang. (2023). Wardah, 24(2), 1-16. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i2.21012
Terbitan
Bagian
Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
The Effect of Good Governance Practices and Decision Making at Da’wah and Communication Faculty UIN Raden Fatah Palembang. (2023). Wardah, 24(2), 1-16. https://doi.org/10.19109/wardah.v24i2.21012
Referensi
Ma'an, J. Knowledge Management and Decision Making
Slimane, M. (2015). Good Governance, Leadership and Making Decision. Kaygı. Bursa Uludağ Üniversitesi Fen-Edebiyat Fakültesi Felsefe Dergisi, (24), 205-214.
Stachelek, D. (2021). Decision-making Process in Manager's Work. Logistics and Transport, 49.
Halim, Abdul Muin. Manajemen Pendidikan (good governance dalam lembaga pendidikan) Teori, Strategi dan Riset Implementasi (Duta Media Publishing. 2017). hal. 3 https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENDIDIKAN_Good_Governance_dal/TRD2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=GOOD+GOVERNANCE+dalam+manajemen&printsec=frontcover
Imam, Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23Update PLS regresi, (Semarang: Badan Unievrsitas Diponogoro, 2013), hal. 44
Lewis, M., & Pettersson Gelander, G. (2009). Governance in education: Raising performance. World Bank Human Development Network Working Paper.
Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350
Nanang Martono, Metode Penelitian Sosial: Konsep-konsep kunci, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015), hal. 215.
Rana, J., Gutierrez, P. L., & Oldroyd, J. C. (2021). Quantitative Methods.
Šaparnienė, D., & Valukonytė, I. (2012). Implementation of good governance principles in local self-government: The case of Šiauliai city. Socialiniai tyrimai, (3), 98-112.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), hal. 25.
Yusnita, E., & Anisyah, S. (2023). Balancing Interests in Responding Pandemic Covid-19 in Palembang: The Policy Networks Analysis. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 7(1), 79-91. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v7i1.16118
Turner, R. (2020). How does governance influence decision making on projects and in project-based organizations?. Project Management Journal, 51(6), 670-684.
Slimane, M. (2015). Good Governance, Leadership and Making Decision. Kaygı. Bursa Uludağ Üniversitesi Fen-Edebiyat Fakültesi Felsefe Dergisi, (24), 205-214.
Stachelek, D. (2021). Decision-making Process in Manager's Work. Logistics and Transport, 49.
Halim, Abdul Muin. Manajemen Pendidikan (good governance dalam lembaga pendidikan) Teori, Strategi dan Riset Implementasi (Duta Media Publishing. 2017). hal. 3 https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_PENDIDIKAN_Good_Governance_dal/TRD2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=GOOD+GOVERNANCE+dalam+manajemen&printsec=frontcover
Imam, Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23Update PLS regresi, (Semarang: Badan Unievrsitas Diponogoro, 2013), hal. 44
Lewis, M., & Pettersson Gelander, G. (2009). Governance in education: Raising performance. World Bank Human Development Network Working Paper.
Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350
Nanang Martono, Metode Penelitian Sosial: Konsep-konsep kunci, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015), hal. 215.
Rana, J., Gutierrez, P. L., & Oldroyd, J. C. (2021). Quantitative Methods.
Šaparnienė, D., & Valukonytė, I. (2012). Implementation of good governance principles in local self-government: The case of Šiauliai city. Socialiniai tyrimai, (3), 98-112.
Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS, (Jakarta: Prenadamedia Group, 2013), hal. 25.
Yusnita, E., & Anisyah, S. (2023). Balancing Interests in Responding Pandemic Covid-19 in Palembang: The Policy Networks Analysis. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 7(1), 79-91. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v7i1.16118
Turner, R. (2020). How does governance influence decision making on projects and in project-based organizations?. Project Management Journal, 51(6), 670-684.