Etika Komunikasi Islam Dalam Pemberitaan Genosida Gaza Pada Akun Instagram @Medan Talk

Isi Artikel Utama

Zahra Saritza
Hasan Sazali

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etika komunikasi Islam yang termanifestasikan dalam penulisan (caption) berita mengenai genosida Gaza yang diposting pada akun Instagram @Medan Talk selama periode Oktober-Desember 2023. Pemilihan @Medan Talk sebagai subjek studi yang didasarkan pada signifikansinya sebagai sumber informasi yang berpengaruh di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan etika komunikasi Islam yang terkandung pada caption postingan meliputi qaulan sadida, qaulan baligha, qaulan layyina, qaulan ma’rufa, qaulan maysura, dan qaulan karima dalam pemberitaan seputar genosida di Gaza, dengan dua etika komunikasi islam yaitu qaulan baligha dan qaulan maysura yang lebih mendominasi. Dapat dilihat bahwa etika komunikasi Islam dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari etika komunikasi secara umum seperti menggunakan kalimat yang santun, jujur, tidak mengandung kalimat yang terkesan kasar, tidak provokatif, dan tidak mengandung unsur SARA. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan landasan bagi penelitian selanjutnya untuk mengeksplorasi pemberitaan pada platform lainnya serta dengan pokok pembahasan yang lebih luas lagi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Etika Komunikasi Islam Dalam Pemberitaan Genosida Gaza Pada Akun Instagram @Medan Talk. (2024). Wardah, 25(1), 110-127. https://doi.org/10.19109/wardah.v25i1.23650
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Zahra Saritza , Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

student

Cara Mengutip

Etika Komunikasi Islam Dalam Pemberitaan Genosida Gaza Pada Akun Instagram @Medan Talk. (2024). Wardah, 25(1), 110-127. https://doi.org/10.19109/wardah.v25i1.23650

Referensi

Ainissyifa, Hilda, Dindin Jamaluddin, Fajar Farham Hikam, and Ika Kusuma Nindyah. 2022. “Analysis of the Qaulan Concept in the Qur’an as a Communication Model for Educators and Learners.” International Journal of Islamic Khazanah 12(1):72–85. doi: 10.15575/ijik.v12i1.16610.

Angela, Feby. 2023. Urgensi Komunikasi Dalam Ilmu Sosial. Bengkulu: CV. Sinar Jaya Berseri.

Anisyah, S. (2022). Women Pregnancy amids Covid-19: Understanding Vulnerability, Developing Vaccine Strategy, and Capacity in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 6(2), 205-216. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v6i2.13350

Aziz, Moh. Ali. 2019. Public Speaking: Gaya Dan Teknik Pidato Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Aziz, Nadiah Abdul. 2023. “Parents-Children Communication : Islamic Approach.” 03(08):1671–75.

Effendi, Onong Uchjana. 2000. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isro’i, M. Iqbal, and Hasan Sazali. 2023. “Analisis Framing Pemberitaan Bencana Gempa Bumi Di Turki Pada Media Sosial Instagram Sahabatsurga Dan Sholawat_Videos.” ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 14(1):16. doi: 10.24235/orasi.v14i1.13233.

Jannatun. 2021. Stereotip Dan Prasangka Dalam Komunikasi Antarbudaya Muslim Pribumi Dan Etnis Cina. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Khairina, Ulfa, Heri Rahmatsyah Putra, Irsan Adrianda, Mutia Tisa, and Iin Meriza. 2023. “The Values of Qaulan Sadida of Islamic Communication on Bidadari Bermata Bening Series.” 1(2):96–105.

Kriyanto, Rachmat. 2019. Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi (Filsafat Dan Etika Ilmunya Serta Pespektif Islam). Jakarta: Prenamedia Group.

Manik Astajaya, S.Ag., M. P. 2020. “1678-3989-1-SmManik Astajaya,S.Ag.,M.Pd1 Abstract.” Etika Komunikasi Di Media Sosial 15(1):14.

Marwah, Nur. 2021. “ETIKA KOMUNIKASI ISLAM.” Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan 7(1). doi: 10.35673/ajdsk.v7i1.1704.

Moleon, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muis, Abdul. 2001. Komunikasi Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa. 2017. “Citra Setya Di Jagad Maya (Analisis Semiotika Dan Etika Komunikasi Islam Gambar Setya Novanto Pada Akun Instagram Detik.Com).” An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam 41(2):213–39.

Mutiah, Tuty, and A. Rafiq. 2021. “Instagram Media Baru Penyebaran Berita (Studi Pada Akun @feydown_official).” Jurnal Media Penyiaran 1(2):58–62. doi: 10.31294/jmp.v1i2.852.

Muzakkir. 2022. Jurnalistik Qur’ani. Jakarta: Prenada.

Planer, Rosanna, Daniel Seibert, Alexander Godulla, and Hannah Lea Ötting. 2023. “Information vs. Presentation: Three Different Approaches to Media Organizations’ Science Communication on Instagram.” Journalism and Media 4(4):1114–29. doi: 10.3390/journalmedia4040071.

Rahmat. 1999. Efektivitas Berkomunikasi Dalam Islam. Bandung: Mizan.

Rinwanto, Rinwanto, Hidayatus Sholihah, Nurul Hakim, and Mufid Syakhlani. 2021. “Etika Komunikasi Dalam Media Sosial Sesuai Tuntutan Al-Qur An.” Journal of Communication Studies 1(01):49–61. doi: 10.37680/jcs.v1i01.721.

Romli, Asep Syamsul M. 2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sarihati, Tati, Muhammad Luthfie, and Budi Kurniadi. 2020. Komunikasi Politik, Media Massa, Dan Opini Publik. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.

Sazali, Hasan, and Ainun Sukriah. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Oleh Humas Smau CT Foundation Sebagai Media Informasi Dan Publikasi Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10(2):147–60.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Ansar. 2020. Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi. Sleman: Deepublish.

Tebba, Sudirman. 2005. Jurnalistik Baru. Jakarta: Kalam Indonesia.

Wafda, Ila Khafia. 2020. “Etika Komunikasi Islam Mahasiswa Organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Dalam Menangkal Berita Hoaks Di Facebook.” Islamic Communication Journal 5(2):155. doi: 10.21580/icj.2020.5.2.6100.

Yenuri, Ali Ahmad. 2022. Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lamongan: Academia Publication.