Social Ethics In The Perspective Of Hadith: Relevance And Application In The New Media Era
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Cara Mengutip
Referensi
Ayuning Putriana Pitaloka, Asyharinur. “The Ethic of Social Media in Responding To Hate Speech From the Perspective of Hadith.” EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities 2, no. 3 (2022): 172–180.
Anisyah, S., & Harahap, R. (2023). Democratizing Public Services in Indonesia: Analysis for Mall Public Service in Palembang. Jurnal Studi Sosial Dan Politik, 7(2), 211-223. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jssp.v7i2.18977
Anisyah, S., & Harahap, R. (2024). FROM BOODLINES TO BALLOTS: THE INTERSECTION OF FAMILY POWER AND WOMEN POLITICAL ELECTABILITY. https://doi.org/10.33373/jtp.v8i2.6840
Didi Maslan, Mardianto, and Muhammad Irwan Padli Nasution. “Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam Perspektif Islam: Antara Dosa Jariyah Dan Pahala Jariyah.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (2023): 155–176.
Fadillah, M. Kharis. “Hadis Pendidikan Etika Sosial Serta Urgensinya Terhadap Masyarakat.” SHAHIH (Jurnal Kewahyuan Islam) 5, no. 2 (2022): 1.
Al Farouqy, AR MIFTAH, and M Fahrur Ridla. “Etika Komunikasi Media Sosial Perspektif Hadis (Kajian Living Sunnah).” Wardah 23, no. 2 (2022): 218–244.
Fauziah, Nurlaili, Nirwan Syafrin, and Kholil Nawawi. “Pengaplikasian Ilmu Hadits Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial.” Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2022): 89–102.
Hapsari Wijayanti, Sri, Kasdin Sihotang, Vanessa Emmily Dirgantara, and Maytriyanti. “Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial.” Jurnal Komunikasi 16, no. 2 (2022): 129–146.
Hidayaturrahman, Mohammad, and D.I Ansusa Putra. “The Role of Technology and Social Media in Spreading the Qur’an and Hadiths by Mubalig.” DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies 4, no. 1 (2020): 45–64.
Kusnadi, Kusnadi, and Mardani Mardani. “Etika Bermedia Sosial Dalam Era Globalisasi.” Begawan Abioso 13, no. 2 (2022): 89–103.
Lukman Nul Hakim, and Iffatul Bayyinah. “Etika Sosial Perspektif Mufassir Nusantara: Kajian Qs. Al-Hujurat Ayat 9-13 Dalam Tafsir Al-Ibriz.” Al-Shamela : Journal of Quranic and Hadith Studies 1, no. 1 (2023): 70–86.
M.M.A, Razzak, Rahim N.M.Z.A, Mohd Nor, and H -. “Panduan Al-Quran Dan Hadith Terhadap Generasi Z Bagi Mengatasi Isu Dan Cabaran Media Sosial (Quranic and Hadith Guidance for Generation Z to Overcome Issues and Challenges in Social Media).” Online Journal of Research in Islamic Studies 10, no. 2 (2023): 203–226.
Mas’ud Maulana, Hidayatul Fikra, Ai Yeni Yuliyanti, and Medina Chodijah. “Etika Pergaulan Kaum Millenial: Studi Takhrij Dan Syarah Hadis.” Gunung Djati Conference Sains 8 (2022): 630–638.
Maspupah, Neng Lutfi. “Etika Berkomunikasi Perspektif Hadis (Dalam Kutub at-Tis’ah).” Jurnal Ilmu Hadis 4, no. 1 (2019): 100–107.
Mohammad, Syed, Hilmi Syed, Abdul Rahman, Muhammad Hazim, Mohd Azhar, Che Zarrina Sa’ari, Mohd Anuar Ramli, Azah Anir Norman, and Mohd Anuar Mamat. “Komunikasi Nabawi Sebagai Asas Panduan Interaksi Media Sosial (Prophetic Communication as a Model for Social Media Interaction)” 8, no. 2 (2023): 2550–1488.
Ayuning Putriana Pitaloka, Asyharinur. “The Ethic of Social Media in Responding To Hate Speech From the Perspective of Hadith.” EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities 2, no. 3 (2022): 172–180.
Didi Maslan, Mardianto, and Muhammad Irwan Padli Nasution. “Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam Perspektif Islam: Antara Dosa Jariyah Dan Pahala Jariyah.” Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (2023): 155–176.
Fadillah, M. Kharis. “Hadis Pendidikan Etika Sosial Serta Urgensinya Terhadap Masyarakat.” SHAHIH (Jurnal Kewahyuan Islam) 5, no. 2 (2022): 1.
Al Farouqy, AR MIFTAH, and M Fahrur Ridla. “Etika Komunikasi Media Sosial Perspektif Hadis (Kajian Living Sunnah).” Wardah 23, no. 2 (2022): 218–244.
Fauziah, Nurlaili, Nirwan Syafrin, and Kholil Nawawi. “Pengaplikasian Ilmu Hadits Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial.” Koloni: Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2022): 89–102.
Hapsari Wijayanti, Sri, Kasdin Sihotang, Vanessa Emmily Dirgantara, and Maytriyanti. “Bentuk-Bentuk Etika Bermedia Sosial Generasi Milenial.” Jurnal Komunikasi 16, no. 2 (2022): 129–146.
Hidayaturrahman, Mohammad, and D.I Ansusa Putra. “The Role of Technology and Social Media in Spreading the Qur’an and Hadiths by Mubalig.” DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies 4, no. 1 (2020): 45–64.
Kusnadi, Kusnadi, and Mardani Mardani. “Etika Bermedia Sosial Dalam Era Globalisasi.” Begawan Abioso 13, no. 2 (2022): 89–103.
Lukman Nul Hakim, and Iffatul Bayyinah. “Etika Sosial Perspektif Mufassir Nusantara: Kajian Qs. Al-Hujurat Ayat 9-13 Dalam Tafsir Al-Ibriz.” Al-Shamela : Journal of Quranic and Hadith Studies 1, no. 1 (2023): 70–86.
M.M.A, Razzak, Rahim N.M.Z.A, Mohd Nor, and H -. “Panduan Al-Quran Dan Hadith Terhadap Generasi Z Bagi Mengatasi Isu Dan Cabaran Media Sosial (Quranic and Hadith Guidance for Generation Z to Overcome Issues and Challenges in Social Media).” Online Journal of Research in Islamic Studies 10, no. 2 (2023): 203–226.
Mas’ud Maulana, Hidayatul Fikra, Ai Yeni Yuliyanti, and Medina Chodijah. “Etika Pergaulan Kaum Millenial: Studi Takhrij Dan Syarah Hadis.” Gunung Djati Conference Sains 8 (2022): 630–638.
Maspupah, Neng Lutfi. “Etika Berkomunikasi Perspektif Hadis (Dalam Kutub at-Tis’ah).” Jurnal Ilmu Hadis 4, no. 1 (2019): 100–107.
Mohammad, Syed, Hilmi Syed, Abdul Rahman, Muhammad Hazim, Mohd Azhar, Che Zarrina Sa’ari, Mohd Anuar Ramli, Azah Anir Norman, and Mohd Anuar Mamat. “Komunikasi Nabawi Sebagai Asas Panduan Interaksi Media Sosial (Prophetic Communication as a Model for Social Media Interaction)” 8, no. 2 (2023): 2550–1488.
Muzaki, Didy, Nasichah Nasichah, Muhammad Hudan Raya, Nahda Fatiyah, and Nilam Irma Damayanti. “Etika Dalam Penggunaan Media Sosial: Perilaku Komunikasi Yang Bertanggung Jawab.” Jurnal Teknik Informatika dan Elektro 5, no. 2 (2023): 60–72.
Muzakky, Althaf Husein, and Fahrudin Fahrudin. “Kontekstualisasi Hadis Dalam Interaksi Media Sosial Yang Baik Di Era Millenial Dalam Kitab Fatḥ Al-Bārī Syarah Hadis Al-Bukhāri.” Diroyah : Jurnal Studi Ilmu Hadis 5, no. 1 (2020): 12–20.
Najib, Ahmad Ainun, and Sofiatul Avivah. “Etika Komunikasi Media Sosial Dalam Islam.” ASWALALITA (Journal Of Dakwah Manajemant) 02, no. 1 (2022): 185–195.
Putra Dwipayana, A A, Ni Putu, Evi Setiawati, Universitas Hindu, Indonesia Denpasar, Kelurahan Ubung, and Kecamatan Denpasar Utara. “New Media Dan Etika Komunikasi Digital.” Nyoman Rai Maeni 2 (2022): 11–19.
Rahman, Syed Mohammad Hilmi Syed Abdul, Muhammad Hazim Mohammad Azhar, and Che Zarrina Sa’ari. “Panduan Interaksi Sosial Digital Dalam Media Sosial Berasaskan Komunikasi Nabawi.” The 8 th International Prophetic Conference, no. Swan (2022): 230–239.
Siregar, Lisna Wati. “Etika Bermedia Sosial Perspektif Hadits.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2023): 179–191.
Tahir, Muhammad, and Sri Rahayu Rayhaniah. “Implementation of The Principles of Islamic Communication In The Digital Era.” Borneo International Journal of Islamic Studies 4, no. 1 (2022): 1–12. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/bijis.
Zikri, Ahmad. “Fitnah (Hoax); Etika Berbicara Dalam Pandangan Hadits Di Era Digital” 11, no. 2 (2019): 102–120.