Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan keberhasilan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba berhubungan positif dengan keberhasilan pembelajaran, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,505 yang berada pada tingkat hubungan sedang. Hal ini menandakan bahwa berhasil atau tidaknya proses pembelajaran di madrasah sangat ditentukan oleh kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berada pada lingkungan madrasah.