Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik

Main Article Content

Intan Kamila Zahara
Undang Rosidin
Kartini Helina
Neni Hasnunidah

Abstract

 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan argumentasi siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah pada materi cahaya dan optik di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII.2 dan VIII.3 yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest menggunakan instrumen keterampilan argumentasi siswa yang diuji menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan SPSS 21.0 . Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-Test nilai Sig.(2-tailed) < α  (0,000< 0,05), maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan rata-rata keterampilan argumentasi siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata N-gain pada siswa berkemampuan akademik tinggi di kelas eksperimen 0,70 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,55 dengan kategori sedang. Kemudian pada siswa berkemampuan akademik rendah di kelas eksperimen 0,55 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,48 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan argumentasi siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
“Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 53–61. Accessed April 2, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2630.
Section
Artikel

How to Cite

“Pengaruh Penerapan Model Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Siswa SMP Berdasarkan Perbedaan Kemampuan Akademik”. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP) 2, no. 2 (December 14, 2018): 53–61. Accessed April 2, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/2630.

References

Andriani, Y. dan Riandi. (2015). Peningkatan Penguasaan Konsep Siswa Melalui Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Pembelajaran IPA Terpadu Di SMP Kelas VII. Research Artikel EDUSAINS, 7 (2), 114-120.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ausubel, D.P., & Fitzgerald, D. (1961). The Role of Discriminability in Meaningful Learning and Retention. Journal of Educational Psychology, 52 (5), 266-274.
Demircioglu, Tuba., & Ucar, Sedat. 2015. Investigating the Effect of Argument-Driven Inquiry in Laboratory Instruction. Educational Sciences: Theory & Practice, 15 (1), 267-283.

Duschl, R. A., Schweingruber, H. A. dan Shouse, W. A. (2007) Taking Science to School: Learning and Teaching Science in Grades K-8. Washington: National Academic Press..

Hasnunidah, Neni. (2016). Pengaruh Argument Driven Inquiry dengan Scaffolding terhadap Keterampilan Argumentasi dan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung. [Diadopsi dari Disertasi]. Univesitas Negeri Malang.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniasari, Ika Sakti & Woro Setyarsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 2 (3), 171-174.

Osborne, J., Erduran, dan Simon. (2004). Enhancing the Quality of Argumentation in School Science. Journal of Research in Science Teaching, 41(10), 994-1020.
Pavlov, I. P. (1928). Lectures on conditioned reflexes: Twenty-five years of objective study of the higher nervous activity (behaviour) of animals (W. H. Gantt, Trans.). New York, NY, US: Liverwright Publishing Corporation.

Sampson, V., Grooms, J., & Walker, J. P. (2009). Argument-Driven Inquiry a way to promote learning during laboratory activities: An exploratory study. Science Education, 95(2), 42-45.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Josey-Bass.

Winarni. (2006). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA-Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP dengan Tingkat Kemampuan Akademik Berbeda di Kota Bengkulu. Universitas Negeri Malang, Malang. Diakses pada tanggal 11 November 2017.