Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Fluida Statis

  • Qowiyyun Dyaheksita Pradani Putri Adisna Universitas Negeri Malang
  • Amik Wahuni MAN Lumajang
  • Agus Suyudi Universitas Negeri Malang
Keywords: Fluida Statis, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan fluida statis. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif-kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes berbasis pilihan ganda yang berjumlah 10 butir soal kepada 52 siswa MAN Lumajang. Data kuantitatif yang diperoleh digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa.  Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaan siswa pada pokok bahasan fluida statis masih tergolong rendah dengan nilai rerata pemahaman konsep siswa hanya sebesar 25%. Siswa belum memahami dengan benar konsep fluida statis yaitu pada konsep tekanan hidrostatis mengenai pengaruh kedalaman fluida terhadap tekanan hidrostatis, pada konsep hukum pascal yaitu mengenai tekanan pada fluida tertutup yang tak termampatkan maka akan disebarkan ke seluruh ruang dan tidak akan berkurang, serta pada prinsip Archimedes mengenai pengaruh volume fluida yang dipindahkan terhadap gaya apung.

References

Alatas, F. (2014). Hubungan pemahaman konsep dengan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran treffinger pada mata kuliah fisika dasar. Edusains, 6(1), 87–96.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2013). Fundamentals of physics. John Wiley & Sons.

Hardiyana, H. A. (2019). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis yang Belajar dengan Model Pembelajaran Collaborative Inquiry Terintegrasi Formative-Authentic E-Assessment di Kelas XI SMA. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.

Haryadi, R. (2016). Pembelajaran Jigsaw Untuk Mengatasi Kesulitan Siswa Sekolah Menengah Atas Dalam Memahami Konsep Kinematika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(1).

Prastiwi, V. D., Parno, P., & Wisodo, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis. Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017, 2.

Sakti, I., Yuniar Mega, P., & Eko, R. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (Direct Instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 1–10.

Sasmita, P. R. (2017). Penerapan metode inkuiri terbimbing menggunakan media kit fisika: Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 95–102.

Ulya, S. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA. Universitas Negeri Semarang.

Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi Miskonsepsi pada Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Mind Mapping di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(12).
Published
13-01-2020
How to Cite
Adisna, Qowiyyun, Amik Wahuni, and Agus Suyudi. “Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Fluida Statis”. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya) 3, no. 2 (January 13, 2020): 68-75. Accessed May 30, 2020. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/4632.