MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

Main Article Content

Melisa Kurnia Asfitri
Lukmawati Lukmawati

Abstract

Peneliti ingin mengetahui faktor apa yang memotivasi mahasiswa UIN Raden Fatah untuk berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya dan bagaimana makna motivasi berprestasi setelah menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga subjek. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Guide wawancara dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan teori motivasi berprestasi oleh McClelland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki kesamaan faktor mengikuti ajang ini, yakni mendapat dukungan penuh dari keluarga dan teman, memiliki keinginan untuk berhasil dan sebagai bentuk pembuktian/pengakuan. Adapun makna berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan bagi ketiga subjek ialah sebagai kebutuhan baik dalam aktualisasi diri, pengembangan karir, pengakuan, dan kebutuhan sosial.

Article Details

How to Cite
MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2017). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 70-78. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1396
Section
Articles

How to Cite

MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. (2017). Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 70-78. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1396

Most read articles by the same author(s)