MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

  • Melisa Kurnia Asfitri Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang
  • Lukmawati Lukmawati Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Motivasi Berprestasi, Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan

Abstract

Peneliti ingin mengetahui faktor apa yang memotivasi mahasiswa UIN Raden Fatah untuk berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya dan bagaimana makna motivasi berprestasi setelah menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga subjek. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Guide wawancara dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan teori motivasi berprestasi oleh McClelland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek memiliki kesamaan faktor mengikuti ajang ini, yakni mendapat dukungan penuh dari keluarga dan teman, memiliki keinginan untuk berhasil dan sebagai bentuk pembuktian/pengakuan. Adapun makna berprestasi menjadi Duta Pendidikan dan Budaya Sumatera Selatan bagi ketiga subjek ialah sebagai kebutuhan baik dalam aktualisasi diri, pengembangan karir, pengakuan, dan kebutuhan sosial.
Published
31-08-2017
How to Cite
Asfitri, M., & Lukmawati, L. (2017). MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA YANG BERHASIL MENJADI DUTA PENDIDIKAN DAN BUDAYA SUMATERA SELATAN PADA MAHASISWA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(1), 70-78. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1396