POLITIK PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA PASCA KEMERDEKAAN: 1945 – 2003

  • Ismail Sukardi Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang

Abstract

The research aims to comprehend the phenomenon of educational politics of madrasah in Indonesia since the begining of independence till 2003, when new National Education Bill released. The research finds as follow: in the Old Order government period, the educational politics of madrasah begin from the effort of relegious department to integrate madrasah as one of national education system. In the New Order government period one of madrasah’s policies is uniformity of curriculum between  madrasah and general school. Every single of educational policy toward madrasah result the implications in  every part  or dimensions of madrasah. The policies have many consequences in management, curriculum, financial and facilties of madrasah. 

References

Abdillah, Maskuri. 2002. “Pesantren dalam Konteks Pendidikan Nasional dan Pengembangan Masyarakat”, dalam Ikhwanuddin dan Dodo Murtadlo (editor), Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: PT Grasindo.
-------------. 2002. Peningkatan Kualitas Pendidikan Madrasah”, dalam Jurnal Madrasah, Vol 1, No. 2, 1997.
Abshor, Ulil. 2002. “Pendidikan Agama Harus Rasional dan Toleran”, Wawancara di Radio 68 Hz, Kamis, 25 Juli 2002
Aguswijaya, Fery. 2006. ”Eksistensi dan Tantangan Madrasah dalam Sistem Pendidkan Nasional”, dalam Jurnal Conciencia, No. 2, Desember 2006.
Amir, Feisal Jusuf. 2002. Kebijakan pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global. Jakarta: PT Grasindo.
Asrohah, Hanun. 1998. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.
Aziz, Abdul. 2005. “Kesetaraan Status dan Masalah Mutu Lulusan Madrasah”, dalam Jurnal Edukasi, Vol. 3, No. 1, Januari-Maret 2005.
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos.
-----------------. 2002. “Paradigma Baru Pendidikan Nasional”, dalam Kompas, Jakarta.
Departemen Agama RI. T.t. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Dirjen Binbagais.
Djamas, Nurhayati. 2005. ”Posisi Madrasah di Tengah Perubahan Sistem Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Edukasi, Vol. 3, No. 1, Januari-Maret 2005.
Effendy, Bachtiar. 1998. Islam dan Negara: Transformasi Pemikiran dan Praktek Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina.
Fajar, A. Malik. 1998. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Fuaduddin & Cik Hasan Bisri. 1999. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi. Jakarta: Logos.
Hawi, Akmal. 2001. “Tantangan Lembaga Pendidikan Islam”, dalam Jurnal Conciencia, No.2, Volume. I, Desember 2001.
“Madrasah Terbuka: Terobosan Baru dari Depag”, dalam Jurnal Madrasah, Vol. 1, no. 2, 1997.
“Madrasah Swasta: Potensi yang Butuh Pemberdayaan”, dalam Jurnal Madrasah, Vol. 1, no. 3, 1997.
Maksum. 1998. Madrasah: Sejarah dan Perkembangaannya di Indonesia. Jakarta: Logos.
Mastuki. 2005. “Asal Usul Madrasah”, dalam www. bagais.co.id
Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safria Insania Press.
Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mudjahid. 2000. “Madrasah Belum Siap Mandiri”, dalam Majalah Ikhlas Beramal, No. 15 Tahun III. Desember 2000.
Murodi. 1997. “Perkembangan Institusi Pendidikan Islam di Hindia Belanda” dalam Jurnal Madrasah No. 03, PPIM, Jakarta,1997.
Rafiq, Ahmad. 2003. “Otonomi Pendidikan Tidak Banyak Pengaruh Bagi Madrasah”, dalam Inovasi Kurikulum, Edisi II, 2003.
Rahim, Husni. 2002. ”Pendidikan Islam Di Indonesia Keluar Dari Eksklusivisme”, dalam Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: PT Grasindo.
Rosidi. 1999. “Sejarah Pertumbuhan Madrasah di Indonesia”, makalah dalam Pelatihan Guru Madrasah Kanwil Departemen Agama Sumatera Selatan.
Salam, Muhajir. 2008. “Membuka Ruang Ijtihad Kebijakan Madrasah”, dalam artikel.prianganonline.com/ cetak.php?id=188, 2008
Sirozy, M.. 2005. Politik Pendidikan: Dinamika Hubungan antara Kepentingan Kekuasaan dan Praktik Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.
Wahid, Abd.Hamid. 2008. ”Sentralisasi Madrasah; Menafikan atau Menguatkan?”, dalam Jurnal Edukasi edisi Juli-September 2008.
How to Cite
Sukardi, I. (1). POLITIK PENDIDIKAN MADRASAH DI INDONESIA PASCA KEMERDEKAAN: 1945 – 2003. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 15(02), 165-212. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/72
Section
Article