Persepsi Guru Tentang Pengetahuan Manajemen Kepala Madrasah di MAN 1 Palembang
Main Article Content
Abstract
Persepsi guru tentang pengetahuan manajemen Kepala Madrasah di MAN 1 Palembang, artikel ini dibatasi pada pesepsi guru tentang pengetahuan manajemen kepala madrasah agar dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan komponen terkait efektivitas kerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya untuk pencapaian tujuan pendidikan itu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan tringangulasi, sedangkan teknik analisis data digunakan menurut Miles dan Huberman, meliputi data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil yang didapatkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang meliputi kepala sekolah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator sesuai dengan hasil pengolahan data termasuk dalam kategori baik. Motivasi kerja yang meliputi motivasi intrinsik dan ekstrinsik sesuai dengan hasil pengolahan data termasuk kategori cukup baik. Kepemimpinan kepala madrasah mendapat dukungan yang cukup dari guru dan para wakil kepala madrasah, dan dibuktikan dalam pelaksanaan kepemimpinan yang bersifat partisipatif. Pada prinsipnya masalah yang muncul di madrasah akan disesuaikan dengan sebaik mungkin apabila penyelesaikannya diserahkan kepada pihak yang yang paling dekat keberadaan masalah tersebut. Kepemimpinan kepala madrasah berhasil dengan baik apabila warga madrasah memiliki inisiatif dalam menjalankan pekerjaannya dan inisiatif setiap individu dihargai. Yang terjadi di MAN 1 Palembang adalah masih kurangnya inisiatif warga madrasah karena kurangnya rasa memiliki terhadap madrasah tersebut.
Article Details
How to Cite
Badaruddin, K., & Afriantoni, A. (2018). Persepsi Guru Tentang Pengetahuan Manajemen Kepala Madrasah di MAN 1 Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 45-60. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2469
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows: 1.The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal. 2.The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal. 3.The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Badaruddin, K., & Afriantoni, A. (2018). Persepsi Guru Tentang Pengetahuan Manajemen Kepala Madrasah di MAN 1 Palembang. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 45-60. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2469