Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas yang mencerminkan budaya literasi di kalangan mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa, baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik, serta strategi yang dilaksanakan dalam penumbuhkembangan budaya literasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui analisis data model interaktif dan dilakukan pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa masih tergolong rendah dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam kegiatan akademik dan nonakademik, serta belum adanya prestasi yang ditunjukkan mahasiswa dalam event-event literasi. Upaya pembiasaan kegiatan literasi telah dilakukan oleh para dosen melalui penugasan yang diberikan kepada mahasiswa. Selama ini belum terdapat aturan khusus yang mengatur tentang literasi di lingkungan FIP. Namun, para pimpinan FIP akan terus mengupayakan optimalisasi budaya literasi dengan melakukan strategi penumbuhkembangan budaya literasi melalui penekanan terhadap dosen yang dijadikan sebagai role model.
Article Details
How to Cite
Hariyati, N., Trihantoyo, S., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91-104. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2471
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows: 1.The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal. 2.The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal. 3.The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Hariyati, N., Trihantoyo, S., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91-104. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2471