Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Main Article Content

Nunuk Hariyati
Syunu Trihantoyo
Moh Syahidul Haq

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas yang mencerminkan budaya literasi di kalangan mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa, baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik, serta strategi yang dilaksanakan dalam penumbuhkembangan budaya literasi di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui analisis data model interaktif dan dilakukan pengecekan keabsahan data melalui uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa masih tergolong rendah dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam kegiatan akademik dan nonakademik, serta belum adanya prestasi yang ditunjukkan mahasiswa dalam event-event literasi. Upaya pembiasaan kegiatan literasi telah dilakukan oleh para dosen melalui penugasan yang diberikan kepada mahasiswa. Selama ini belum terdapat aturan khusus yang mengatur tentang literasi di lingkungan FIP. Namun, para pimpinan FIP akan terus mengupayakan optimalisasi budaya literasi dengan melakukan strategi penumbuhkembangan budaya literasi melalui penekanan terhadap dosen yang dijadikan sebagai role model.

Article Details

How to Cite
Hariyati, N., Trihantoyo, S., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91-104. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2471
Section
Artikel

How to Cite

Hariyati, N., Trihantoyo, S., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91-104. https://doi.org/10.19109/elidare.v4i1.2471