Implementasi Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Pengembangan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta GUPPI Kindang Manajemen Kurikulum

Main Article Content

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum dalam pengembangan pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta Kindang, Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru-guru yang mengimplementasikan manajemen kurikulum dalam pengembangan pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah Swasta Kindang diterapkan dalam tiga kegiatan utama dalam pengembangan pembelajaran, yaitu dalam perencanaan pengembangan pembelajaran, pelaksanaan pengembangan pembelajaran, dan evaluasi pengembangan pembelajaran. Hambatan penerapan manajemen kurikulum yang ditemukan adalah masih terdapatnya guru yang belum mengetahui secara jelas terkait implementasi kurikulum 2013, terutama guru-guru yang senior karena kurang mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, guru-guru yang mengikuti pelatihan seharusnya menyampaikan juga kepada guru-guru yang tidak sempat mengikuti pelatihan ketika kembali ke sekolah.

Article Details

How to Cite
Implementasi Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Pengembangan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta GUPPI Kindang: Manajemen Kurikulum. (2020). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 53-64. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4077
Section
Artikel

How to Cite

Implementasi Implementasi Manajemen Kurikulum dalam Pengembangan Pembelajaran di Madrasah Aliyah Swasta GUPPI Kindang: Manajemen Kurikulum. (2020). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 53-64. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4077

References

Departemen Agama RI. 2007. Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Jakarta: Direkorat Jenderal Pendidikan Islam..
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTs & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Katuuk, Deitje Adolfien. 2015. “Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013”. Cakrawala Pendidikan, vol. 33 no. 1 (Februari 2014), h. 13-26. https://media.neliti.com/media/publications/81383-none-5977081d.pdf
Mulyasa, E. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningrum, Elwien Sulstya dan Ahmad Yusuf Sobri. 2015. “Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar”. Manajemen Pendidikan, vol. 24 no. 5 (Maret 2015), h. 416-423. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/Jurnal-Manajemen-Pendidikan-volume-24-no.-5.pdf#page=64
Rochaety, Ety dkk. 2009. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.
Rohiat. 2009. Manajemen Sekolah: Teori, Dasar, dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.
Sinambela, Pardomuan Nauli Josip Mario. 2013. “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran”. Generasi Kampus, vol. 6 no. 2 (2013), h. 17-29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067
Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Cet. VI; Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
_______. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya.