Hubungan Hubungan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan Keberhasilan Proses Pembelajaran
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan keberhasilan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba berhubungan positif dengan keberhasilan pembelajaran, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,505 yang berada pada tingkat hubungan sedang. Hal ini menandakan bahwa berhasil atau tidaknya proses pembelajaran di madrasah sangat ditentukan oleh kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berada pada lingkungan madrasah.
Article Details
How to Cite
Bardin, B. (2020). Hubungan Hubungan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan Keberhasilan Proses Pembelajaran. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 81-92. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4078
Section
Artikel
The requirements that must be met by the author are as follows: 1.The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal. 2.The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal. 3.The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
Bardin, B. (2020). Hubungan Hubungan Kinerja Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan Keberhasilan Proses Pembelajaran. El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 5(2), 81-92. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4078
References
Aftika, dkk. 2017. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kependidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, vol. 3 no. 2 (Mei 2017). http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm/article/view/12506/12303
Azwar, Khaerul, dkk. 2015. “Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh”. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol. 3 no. 2 (Mei 2015). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2568/2427
Nez, Alif Laela. 2013. “Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan melalui Model MBS”. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2013. Jakarta: SNEP 1. https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/I/paper/viewFile/39/33
Nurziah. 2016. “Kinerja Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Panca Marga Palu”. Jurnal Katalogis, vol. 4 no. 8 (2016). https://media.neliti.com/media/publications/147256-ID-kinerja-tenaga-kependidikan-pada-perguru.pdf
Raisyifa, Destia Nur dan Nani Sutarni. 2016. “Pengaruh Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol 1 no. 1 (Agustus 2016). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3342/2333
Razak, dkk. 2016. “Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalaam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. TANZIM: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, vol. 1 no. 2 (2016). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/download/41/42/
Sukardi. Metodologi Penelitian pendidikan. Cet. I; Jakarta Bumi Aksara.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Cet. I; Jakarta Prenada Media Group.
Sutrisno, Edy. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Widaningsih, Ening. 2009. “Pengaruh Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Laboratarium PPL UPI Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung”. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1 no. 2 (Juli 2009). http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/2728/1778
Widoyoko, S. Eko Putro dan Anita Rinawati. 2012. “Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Cakrawala Pendidikan, vol. 31 no. 2 (Juli 2012). http://lppmp.uny.ac.id/sites/lppmp.uny.ac.id/files/8S.%20Eko%20Putro,%20UMP.pdf
Azwar, Khaerul, dkk. 2015. “Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh”. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, vol. 3 no. 2 (Mei 2015). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2568/2427
Nez, Alif Laela. 2013. “Upaya Peningkatan Kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan melalui Model MBS”. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2013. Jakarta: SNEP 1. https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/I/paper/viewFile/39/33
Nurziah. 2016. “Kinerja Tenaga Kependidikan pada Perguruan Tinggi Swasta Sekolah Tinggi Ilmu Adminstrasi Panca Marga Palu”. Jurnal Katalogis, vol. 4 no. 8 (2016). https://media.neliti.com/media/publications/147256-ID-kinerja-tenaga-kependidikan-pada-perguru.pdf
Raisyifa, Destia Nur dan Nani Sutarni. 2016. “Pengaruh Kinerja Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol 1 no. 1 (Agustus 2016). http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3342/2333
Razak, dkk. 2016. “Kepemimpinan, Kinerja Dosen dalaam Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. TANZIM: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, vol. 1 no. 2 (2016). http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/download/41/42/
Sukardi. Metodologi Penelitian pendidikan. Cet. I; Jakarta Bumi Aksara.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Cet. I; Jakarta Prenada Media Group.
Sutrisno, Edy. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.
Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Widaningsih, Ening. 2009. “Pengaruh Sistem Manajemen Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Laboratarium PPL UPI Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung”. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1 no. 2 (Juli 2009). http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/2728/1778
Widoyoko, S. Eko Putro dan Anita Rinawati. 2012. “Pengaruh Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Cakrawala Pendidikan, vol. 31 no. 2 (Juli 2012). http://lppmp.uny.ac.id/sites/lppmp.uny.ac.id/files/8S.%20Eko%20Putro,%20UMP.pdf