PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Main Article Content

Akmal Rajab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kualitas layanan dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Bulukumba, Sulawesi Selatan. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Responden dalam penelitian ini sebanyak 38 orang peserta didik yang diambil 15% secara proportional stratified random dari 251 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial melalui analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan madrasah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 18,3%, begitu pula kompetensi profesional guru juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 25,1%. Secara simultan, kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 27,4%. Hal ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar peserta didik di MTs Negeri 6 Bulukumba ditentukan oleh kualitas layanan madrasah dan kompetensi profesional guru.

Article Details

How to Cite
PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (2020). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 39-52. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4311
Section
Artikel

How to Cite

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. (2020). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 39-52. https://doi.org/10.19109/elidare.v5i2.4311

References

Afif, Sholihul. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Orang Tua Siswa di MI NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016”. Quality, vol. 4 no. 1 (2016). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/download/2115/1800
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. XI; Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbi, M. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi terhadap Kepuasan Peserta Didik di MTs Negeri 1 Model Palembang”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3 no. 1 (Mei 2018). http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/manageria/article/download/31-05/1414
Herlianto, Jajang Ikbal, dkk. 2018. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Ciamis”. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, vol. 3 no. 4 (Januari 2018). https://ejournal.upi.edu/index.php/manajerial/article/view/9762/6068
Inayah, Ridaul, dkk. 2013. “Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas XI SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012”. Jurnal pendidikan Insan Mandiri, vol. 1 no. 1 (Juli 2013). https://jurnal.uns.ac.id/jpim/article/download/19638/15450
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa: Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kuswanto, dkk. 2018. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Sekolah terhadap Loyalitas Stakeholder Sekolah Islam Al-Falah Kota Jambi”, Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, vol. 12 no. 2 (2018).
Mariska, Lidya dan Sinta Wahyu Hati. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa di Politeknik Negeri Batam”. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol. 3 no. 1 (2015). http://p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2016/02/1.lidiya-shinta.pdf
Mutmainnah. 2018. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 21 Pontianak Tahun Ajaran 2017-2018”, Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, vol. 1 no. 1 (Desember 2018). https://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jp2d/article/download/1208/623
Pujasari, Yayah dan Nurdin. 2018. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Keberhasilan Belajar Siswa”. Jurnal Administrasi Pendidikan. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197907122005011-NURDIN/JURNAL_NURDIN.pdf
Putri, Irmawati Harjani. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa di Lembaga Pendidikan Primagama Gading Serpong”. Laporan Penelitian (2018). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43221/2/IRMAWATI%20HARJANI%20PUTRI-FITK.pdf
Radja, Noventris Ratnawati, dkk. 2013. “Pengaruh Kualitas Layanan Atas Kepuasan Siswa dan Dampaknya terhadap Loyalitas Siswa di SMK Kristen Salatiga”, Satya Widya, vol. 29 no. 2 (Desember 2013). https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/114/102
Republik Indonesia. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Saud, Udin Syaefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Cet. I; Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian pendidikan. Cet. I; Jakarta Bumi Aksara.
Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep dasar dan Praktiknya. Cet. II; Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Syam, Ardy, dkk. 2015. “Pengaruh Persepsi tentang Kualitas Pelayanan Sekolah, Partisipasi dalam Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Daya Matematis, vol. 3 no. 3 (November 2015). https://ojs.unm.ac.id/JDM/article/download/1696/pdf_9
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cet. X; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, M. Uzer. 2017. Menjadi Guru Profesional. Cet. XXIX; Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wirawan, Ardi. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta pada Mata Pelajaran Penataan Produk”. Laporan Penelitian (Juli 2017).
Yamin, Martinis. 2009. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.