EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN MU’TAZILAH PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA

Main Article Content

Zulhelmi Zulhelmi

Abstract

Mu’tazilah adalah salah satu aliran dalam teologi Islam, yang menggunakan pemikiran rasional untuk menjelaskan masalah ketuhanan. Secara epistemologi pemikiran rasional Mu’tazilah terpengaruh oleh pemikiran filsafat. Mu’tazilah menggunakan metoda berfikir filsafat untuk memnjelaskan dan menetapkan  persolan Ketuhanan. Mu’tazilah berpandangan bahwa Tuhan telah memberikan kemerdekaan dan kebebasan  bagi manusia dalam menentukan kehendak dan perbuatannya, karena Tuhan tidak absolute dalam kehendak-Nya, dan Tuhan mempunyai kewajiban berlaku adil, berkewajiban menempati janji, berkewajiban memberi rizki. Dalam hubungannya dengan perbuatan manusia , kehendak mutlak Tuhan jadi terbatas karena kebebasan itu telah diberikan kepada manusia dalam menentukan kemauan dan kehendaknya. Menurut mu’tazilah posisi manusia  dalam tatanan alam semesta memiliki pandangan tersendiri. Manusia harus berhubngan dengan alam, dan tidak dapat menghindarkan diri dari ketentuan-ketentuan yang berlaku berdasarkan hukum alamiah. Jika dikaitkan dengan paham free will dan free act, sudah menjadi perdebatan panjang dikalangan teologi Islam.        Penelitan ini ingin menemukan pemikiran rasional mu’tazilah yang tentunya berkaitan erat dengan beberapa permasalahan, yakni hakikat pemikiran rasionalis mu’tazilah dan cara mengemukakan pendapatnya, serta pengaruhnya terhadap perkembangan pemikiran Islam  yang tercermin pada pemikiran tokoh-tokoh Islam di Indonesia.

Article Details

How to Cite
Zulhelmi, Zulhelmi. “EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN MU’TAZILAH PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 14, no. 2 (April 15, 2016): 119–145. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/472.
Section
Artikel

How to Cite

Zulhelmi, Zulhelmi. “EPISTEMOLOGI PEMIKIRAN MU’TAZILAH PENGARUHNYA TERHADAP PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM DI INDONESIA”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 14, no. 2 (April 15, 2016): 119–145. Accessed April 16, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/472.

References

Abd al-Jabbar, Abu al-Hasan., 1974, Al-Muighni fi Abwab al-Tauhid Wa al-‘Adl, General Editor, Taha Husayn, Kairo dar al-Misriya li-talif wa al-Nashr.

--------------, 1986, Fadl al-I’tizal wa Tabaqat al-Mu’tazilah, Tunis, dar al-Tunisiya lil-Nashr.

--------------, 1996, Syarh al-Ushul al-Khamsah,Editor Abd Al-Karim Usman, Kairo; Maktabah Wahbah.

Ali, Fakhri dan Bakhtiar Efendi, 1986, Merambah Jalan Baru Islam; Rekonstruksi Pemikiran Islam Masa Orde Baru, Bandung. Mizan.

Al-Jabiry, Muhammad Abid., 1990, Taqwin al-‘Aql al-‘Araby. Beirut, al-Markaz al- thaqafy al-Araby.

--------------, 1991, Al-Aql al-Syiyasy al-‘Araby: Muhaddidatuhu wa tajallyatuhu. Beirut, Markaz al-thaqafy al-‘Araby.

Asy-Syahrastani.,2003, Al-Milal Wa al-Nihal; Aliran-Aliran Teologi dalam Sejarah Umat Islam, terj.Asywadie syukur, surabaya, Bina Ilmu.

Amin, Ahmad,1975, Fajr Al-Islam, Kairo Al-Nahdah.

Abduh, Muhammad, 1979, Risalah Tauhid, Terj. Firdaus AN. Bulan Bintang Jakarta.

Ali, Muhammad Daud, 1998, Pendidikan Agama Islam, PT. Grafindo Persada Jakarta.

Asmuni, Yusran,2000, Ilmu Tauhid,PT. Grafindo Perssada, Jakarta

Ahmad, Muhammad, 1998, Tauhid Ilmu Kalam, Pustaka Setia, Bandung

Ali, Maulana Muhammad, 1990, The Religion of Islam, The Ahmadyyah Anjuman Isha’at Islam, Lahore.

Al-Bazdawiy, Abu Yusuf Muhammad ibn Muhammad ibn Abd Karim,1983, Mazahib Al-Islamiyah, Dar al-Ilmi li al-Malayin, Bairut.

Asy-Syarafa, Ismail.,2002, Ensiklopedi,terj. Shofiyullah Mukhlas, Jakarta Pnt. Khalifa.

Baqi, Muhammad Fuad Abdul,1996,Al-Lu’lu’ wa al-Marjan, Terj. Salim Bahresy. PT.Bina Ilmu, Surabaya.

Budianto, Irmayanti, M., 2002, Realitas dan objektivitas ; Refleksi kritis atas Cara Kerja Ilmiah, Wedatama Widya Sastra Jakarta.

Bagus, Lorens, 2000, Kamus Filsafat, Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Berkhof, Louis.,1981, Systematic Theology, WM.B. Eerdmans Publishing Co. United states of America.

Berkhof dan Enklaar, 1988, Sejarah Gereja, gunung Mulia Jakarta.

Drewes G.W.J.,1969, The Admonition of Seh Bari: A Sixteenth-Century Javanese Muslim Teks Atributed to Saint of Bonan, Re Edited and Translated With An Intruduction.. The Hague: Martinus Nijhoff.

Geerzt, Ernest Clifford, 1968, Islam Observed: Religious Development in Marocco and Indonesia. New Haven And London: Yale University Press.

Garder, Louis. &Anawati., 1978, Falsafah al-Fikr al-Dini, II, terj. Subhi shaleh dan Farid Jabr.Beirut , Dar al-Ulum.

Enceclopedia of Philosophy, vol. 2 Macmillan Publishing Co. In & The free Press. New York London.

Cassirer, Ernst., 1987, Manusia dan Kebudayaan, Gramedia Jakarta.

Hadi, P. Hardono, 1994, Epistemologi; Filsafat Pengetahuan, Yogyakarta, Kanisius.

Hanafi, Ahmad., 1974. Theology Islam (Ilmu Kalam), Jakarta, Bulan Bintang.

-------------- 1980, Pengantar theology Islam, Jakarta. Cet. II Pustaka Al-Husna.

Hasan, Nuhammad Kamal., 1980, Muslim Intellctual Responses to “New Order Modernization”in Indonesia. Kuala Lumpur: Dewan dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia.

Hitti, Philip. K., 1986, History of Arabs,

Hodgson, Marshall G.S., 2002, The Venture of Islam; Iman dan Sejarah dalam Peradaban Dunia Masa Klasik Islam, Jakarta. Paramadina

Kamal, Mustafa, Chusnan Yusuf dan Rosyad Shaleh, 1988, Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam, Yogyakarta. Penerbit Persatuan.

Madjid, Nurcholash, 1992, Islam, Doktrin dan Peradaban, Jakarta. Yayasan Waqaf Paramadina.

--------------, 1992, Islam, Kemodernan dan Keindonesiaan, Edisi 4. Bandung Mizan.

--------------, Panitia Penerbitan buku dan Seminar 70 tahun Harun Nasution Bekerjasama dengan Lembaga Studi dan filsafat , dalam Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam, q.v.

Madelung, Wilferd., 1979, Imami and Mu’tazilite Theology, Dalam Le Shi’sm Imamite. Disunting olehToufic Fadh. Paris. Presses Universitaires.

Nasution, Harun, 1986, Akal dan Wahyu dalam Islam, Jakarta. Universitas Indonesia

Press.

--------------, 1974, Islam Ditinjau dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta, cet. I Bulan Bintang.

--------------, 1975, Pembaharuan dalam Islam; sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta. Bulan Bintang.

--------------, 1978, fFlsafat dan Mistisisme dalam Islam, Jakarta.cet. II Bulan Bintang.

--------------, 1983, Teologi Islam ;Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan, Penerbit, UI Press, Jakarta.

--------------, 1991, Filsafat Agama,Bulan Bintang Ce.8.Jakarta.

--------------, 1998, Islam Rasional ; Gagasan dan Pemikiran, Penerbit Mizan Cet.V. Bandung.

--------------, 1987,Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, Penerbit UI Press, Cet.1 Jakarta.

Nader, Albert, 1984, Le Systeme Philosophique des Mu’tazila (PremiersPenseurs de l’Islam).edisi kedua. Beirut: dar el-Machreq.

Puar, Yusuf Abdullah, 1989, Perjuangan dan Pengabdian Muhammadiyah, jakarta. Antara.

Peursen, C.A. Van., 1985, Orientasi di dalam Filsafat, Jakarta, Terj. Dik Hartoko, Gramedia.

Qadi, Ahmad ‘Arafat,al., 1993, Filsafat al-Tarbiyah’ind al-Mu’tazilah wa al-Ash’ariyah, Desertasi Doktor. Cairo University.

Refleksi Pembaharuan pemikiran Islam 70 Tahun harun Nasution Bekerjasama dengan Lembaga Studi Agama dan fFlsafat, Jakarta. Lembaga Studi agama dan Filsafat.1989

Shahrastani, Abu al-Fath Muhammad ., 1986, al-Milal wa al-Nihal . Diedit oleh Muhammad Sayid Kilani, dua jilid Beirut: dar Sa’ab.

Subhi, Ahmad Mahmud.,. 1969, Fi ‘Ilm al-Kalam, Dirasa Falsafiya: Al-Mu’tazilah, Ash’ariyah, Al-Shi’ah. Kairo dan Aleksandria; dar al-kutub al-jami’iya.

Sheed’s., 1980, Dogmatic Teology, Thomas Nelson Publishers. United States of America.

Titus, harold H.dkk, 1984, Persoalan-persoalan Filsafat. Jkarta. Alih bahasa Rasjidi

Wahid, Abdurrahman., 1986, Teologi pembangunan, Membangun Teologi: dalam Pelita Hati. Jakarta. Pustaka Kartini.

Zahrah, Imam Muhammad Abu., 1996, aliran Politik dan Aqidah dalam Islam, Jakarta