RELASI NASIONALISME DAN ISLAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEBANGKITAN DUNIA ISLAM GLOBAL

Main Article Content

Mugiyono Mugiyono

Abstract

Nasionalisme merupakan sikap politik masyarakat yang mempunyai kesamaan wilayah, budaya, bahasa, idiologi, cita-cita dan tujuan, kemudian mengkristal menjadi paham kebangsaan. Paham ini berkembang lalu mempengaruhi politik kekuasaan dunia dan berdampak luas bagi negara-negara bangsa. Ketika nasionalisme masuk di dunia Islam, mereka sudah memiliki nilai-nilai universal yang dianut masyarakat muslim sebagai unsur pemersatu. Umat Islam senyikapi nasionalisme ini beragam, ada yang menerima, ada yang apriori, dan ada yang menolak. Sebagian umat Islam berpendapat bahwa nasionalisme murni adalah nasionalisme Eropa yang sekuler. Hanya ini yang dapat dijadikan energi perubahan sosial politik di dunia Islam. Sebagian lain berpendapat bahwa nasionalisme ala Eropa adalah sekuler, mengabaikan agama, yang menyebabkan lemahnya dunia Islam. Islam tidak kompatibel dengan nasionalisme, karena secara ideologis saling berlawanan. Ia bersifat nasional-lokal, sedangkan Islam bersifat universal. Sebagian lagi umat Islam bersikap netral, nasionalisme harus memperhatikan kepentingan seluruh warga bangsa dengan basis ukhuwah Islamiyah. Nasionalisme ini merupakan bagian integral dari konsep “Pemerintahan Madinah” dan Ini yang disebut nasionalisme Islam. Paham nasionalisme Islam ini lalu menjadi spirit dan inspirasi kaum muslimin secara global untuk bangkit dan membebasakan negara-negara Islam dari kolonialisme negara-negara Eropa. Di beberapa negara Islam, paham nasionalisme Islam  menjadi alat pemersatu sekaligus alat perjuangan untuk merebut kemerdekaan. 

Article Details

How to Cite
Mugiyono, Mugiyono. “RELASI NASIONALISME DAN ISLAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEBANGKITAN DUNIA ISLAM GLOBAL”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 15, no. 2 (April 16, 2016): 97–115. Accessed March 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/492.
Section
Artikel

How to Cite

Mugiyono, Mugiyono. “RELASI NASIONALISME DAN ISLAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEBANGKITAN DUNIA ISLAM GLOBAL”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 15, no. 2 (April 16, 2016): 97–115. Accessed March 28, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/492.

References

Amal, Taufik Adnan 1992. Islam dan Tantangan Modernitas: Studi atas Pemikiran Hukum Fazlur Rahman. Mizan, Bandung.

Azra, Azyumardi 1996. Pergolakan Politik Islam: dari Fondamentalis Modernis hingga Post Modenisme. Paramadina, Jakarta.

Banna, Hasan al- 1992. Majmu’ah al-Rasa’il. Maktab al-Qahirah, Mesir.

______________ tth. Mudzakkirat al-Da’wah wa al-Da’iyah. Dar Asy-Syihab, Kairo.

______________ tth, Nahnu Wathaniyun, koran al-Ikhwan al-muslimun, tahun pertama, edisi 139, hlm. 1; Qanun al-Nizham al-Asasiy li Hai’ah al-Ikhwan al-Muslimin al-Amah.

Echols, John M. dan Shadily, Hassan 1990. Kamus Inggris Indonesia. PT.Gramedia, Jakarta.

Gibb, H.A.R., 1996, Aliran-aliran Modern dalam Islam, terj.Machnun Husain, (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Http:/hermawan.blogsport.com.2007/09/Islam-nasionalisme-nasionalis-me Islam/html.

Muhammad Abdul Qadir Abu Faris 2003. Fiqh Politik Hasan al-Banna (diterjemahkan oleh Odie al-Faeda dari judul aslinya Fiqh al-Siyasi `Inda al-Imam Hasan al-Banna), (Cetakan I), Media Insani Press, Solo.

Nabi, Malik Bin 1981. Wijhah al-Alam al-Islami, (diterjemahkan oleh Abdus Shabur Syahin. (Cetakan I), Dar El-Fikr, Syiria.

Nahbani, Taqiyuddin, al- 2006. Konsepsi Politik Hizbut Tahrir (diterjemahkan oleh Abu Shiddiq). (Edisi Mu`tamadah), HTI Press, Jakarta.

Nasution, Harun 1975. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan Bintang, Jakarta.

______________ 1986. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya. (Jilid I), UI Press, Jakarta.

Prima Pena, Tim 2006. Kamus Ilmiah Populer Edisi Lengkap: Referensi Ilmiah Ideologi, Politik, Hukum, Ekonomi, Budaya & Sains. (Cetakan I), Gitamedia Press, Surabaya.

Rafi`i, Abdurrahman al- 1977. Mishr al-Bats al-Wathani. Matba`ah al-Syuruq, Kairo.

Rahman, Fazlur 1994. Metode dan Alternatif Neo-Modernisme Islam (diterjemahkan dan disunting oleh Taufik Adnan Amal). Mizan, Bandung.

Rais, Amien 1995. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta. Mizan, Bandung.

Rais, M.Dhiauddin 2001. Teori Politik Islam (diterjemahkan oleh Abd al-Hayyi al-Kattani dkk dari Al-Nazhariyah al-Siyasah al-Islamiyah). (Cetakan.I), Gema Insani Press, Jakarta.

Ramadhan, Abdul Azhim tth. Tathawur al-Harakah al-Wathaniyah fi Misr (1918-1936). Tanpa nama dan tempat penerbit.

Sjadzali, Munawir 1993. Islam dan Tata Negara; Ajaran, Sejarah dan Pemikiran. (Edisi 5), UI-Press, Jakarta.

Syamsul, Asep 2000. Demonologi Islam, Upaya Barat Membasmi Kekuatan Islam. Gema Insani Press, Jakarta.

Umari, Akram Dhiyauddin 1999. Masyarakat Madani; Tinjauan Historis Kehidupan Zaman Nabi (diterjemahkan oleh Mun`im A.Sirry). (Cetakan I), Gema Insani Press, Jakarta.

WAMY 1993. Gerakan Keagamaan dan Pemikiran (Akar Ideologis dan Penyebarannya (diterjemahkan oleh A.Najiyullah). Al-Ishlahy Press, Jakarta.

Yatim, Badri 1997. Sejarah Peradaban Islam, Dirasah Islamiyah II. (Cetakan V), PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.