Exploring Children’s World through Tafsir: A Critical Examination of Abdul Mustaqim’s Tafsir Juz ‘Amma for Kids

Isi Artikel Utama

Sururul Aes
Ursa Agniya

Abstrak

Al-Qur’an sebagai pedoman umat Muslim akan mudah dipahami jika adanya suatu interpretasi. Pada dasarnya dalam sebuah interpretasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama ialah mudahnya interpretasi tersebut dipahami dan kedua adalah efektifnya interpretasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif dari Tafsir Juz ‘Amma For Kids terhadap pemahaman anak-anak dalam memahami al-Qur’an pada usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendalami peristiwa yang diamati serta Content Analisis sebagai teknik analisis datanya. Temuan penelitian ini sangat penting karena menyoroti pengaruh yang luas terhadap suatu pemahaman anak-anak pada al-Qur’an dimulai sejak dini, dan menyoroti akan efektivitas bahan dari tafsir ini untuk kebutuhan anak usia dini dalam mempelajari dan memahami pesan-pesan Tuhan dengan mudah. Hasil penelitian tidak hanya memberikan wawasan mendalam tentang keefektifan Tafsir Juz ‘Amma For Kids, tetapi juga memberikan pemahaman tentang persamaan dalam kebutuhan akan interpretasi al-Qur’an, tua atau muda, laki-laki atau perempuan, dewasa atau anak-anak. Dalam konteks Nusantara, khususnya Indonesia, artikel ini menyoroti akan kontribusi yang besar dan nyata dari sebuat Tafsir Juz ‘Amma For Kids pemahaman anak-anak dalam memahami pesan Agama sejak usia dini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Aes, Sururul, and Ursa Agniya. “Exploring Children’s World through Tafsir: A Critical Examination of Abdul Mustaqim’s Tafsir Juz ‘Amma for Kids”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 5, 2024): 180–190. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/23789.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Aes, Sururul, and Ursa Agniya. “Exploring Children’s World through Tafsir: A Critical Examination of Abdul Mustaqim’s Tafsir Juz ‘Amma for Kids”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 5, 2024): 180–190. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/23789.

Referensi

Adib, Shohibul. “Metode Tafsir Al-Qur’an untuk Anak Didik: Studi Buku Tafsir Al-Qur’an Karya Afif Muhammad,” t.t.

Chalim, Abdul. “Pola Komunikasi Kitab Tafsir Juz ‘Amma For Kids Karya Abdul Mustaqim.” Qaf: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 5, no. 1 (5 Maret 2023): 62–77. https://doi.org/10.59579/qaf.v5i1.4376.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif”. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021).

Fitri, Wildani Aulia dan Muqita Hanifah Hasanah Dilia. “Optimalisasi Teknologi Ai Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Sindoro: Cendikia Pendidikan 5, no. 11 (2024), 11–20.

Hakim, Muhammad Naufal. “Maqâshidiyyah Integratif dan Prinsip Metodologi Teori Tafsîr Maqâshidî Abdul Mustaqim”. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam 24, no. 2 (2023).

Illeris, Knud, ed. Contemporary Theories of Learning: Learning Theorists... in Their Own Words. Second edition. London New York, NY: Routledge, Taylor & Francis Group, 2018.

Inhelder, Bärbel, dan Jean Piaget, ed. Piaget and His School: A Reader in Developmental Psychology. Springer Study Edition. New York Heidelberg: Springer, 1976.

Maksum, Muh. “Ilmu Tafsir Dalam Memahami Kandungan Al-Qur’an,” t.t.

Mardiah, Anisatul. et al. “Family: Foundation of Children's Education in the Era of Qur'anic Disruption”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 5 (2023).

Mohd Yunus, Mohd Amin, Aida Mustapha, Rizwan Iqbal, dan Noor Azah Samsudin. “An Ontological Approach towards Dialoguebased Information Visualization System: Quran Corpus for Juz’ Amma.” Disunting oleh M.N. Nik Hisyamudin, K. Amir, I. Al Emran, I. Mohd Rasidi, M.B. Mohd Faizal, Md J. Mohd Azlis Sani, T.A. Ahmad Mubarak, Z. Izzuddin, dan M. Sofian. MATEC Web of Conferences 135 (2017): 00070. https://doi.org/10.1051/matecconf/201713500070.

Muhammad Quraish Shihab, dan Ihsan Ahli Fauzi. Membumikan Al-Qur’an: fungsi dan peran wahyu dalam kehidupan masyarakat. Edisi ke-1. Bandung: Mizan, 2013.

Mustaqim, Abdul. Tafsir Juz 'Amma for Kids. Solo: Tiga Serangkai, 2011.

Mustaqim, Abdul. https://artikula.id/abdul/inovasi-dan-visualisasi-pesan-tuhan-dalam-tafsir-juz-amma-for-kids/ diakses pada 5 Mei 2024.

Nelson, Lee, Ryan Groom, dan Paul Potrac, ed. Learning in Sports Coaching: Theory and Application. London: Routledge, 2016.

Oktaviana, Anisa Rosi. “Konsep Hermeneutika Menurut Mohammed Arkoun” 12, no. 2 (2021).

Salamah, Ika Hilmiatus. Juz 'Amma publications for kids in Indonesia: A study of authorship, presentation, and interpretation approaches. Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim 2024.

Susilo, Farid Agus. “Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran,” MATHEdunesa 2, no. 1 (2013).

Winanti, Rindy. “Efektivitas Komunikasi Verbal Dalam Meningkatkan Kegiatan Menghafal Juz ‘Amma pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat” 4, no. 1 (2024).

Zahro’, Nafiatuz. “TAFSIR VISUAL Kajian Resepsi atas Tafsir dan Ilustrasi dalam Tafsir Juz ‘Amma for Kids.” Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur’an dan Hadis 16, no. 1 (16 Maret 2017): 123. https://doi.org/10.14421/qh.2015.1601-07.