Concepts and Methods of Story telling Al-Qur'an Stories for Early Childhood: A Study of the Book of Kisah Kota-Kota Dalam al-Qur’an by Rani Yulianty

Isi Artikel Utama

Ahmad Teza
Akhmad Sulthoni
Edy Wirastho

Abstrak

Dunia anak-anak selalu dekat dengan dunia kisah. Namun, sangat disayangkan bahwa pada zaman ini kisah-kisah yang sangat dekat dengan anak-anak adalah kisah yang bersifat imajinatif sehingga anak-anak lebih mengenal karakter-karakter tokoh yang fiktif dibandingkan dengan tokoh-tokoh dan kota-kota yang hakikatnya harus mereka ketahui. Kisah dalam al-Qur’an sebaiknya harus selalu disajikan kepada anak-anak dengan gaya dan sajian yang sesuai dengan mereka. Salah satu dari usaha yang telah dilakukan adalah buku Kisah Kota-Kota dalam Al-Qur’an karya Rani Yulianty. Penelitian ini dilakukan dengan metode library research dengan mengambil sample dari 12 kisah kota yang terdapat dalam buku tersebut. Penelitian ini fokus pada metode penyampaian kisah dalam buku tersebut berikut kelebihan dan kekurangangan yang ada. Penelitian ini mengungkap sesuatu yang baru dalam penyampaian kisah untuk usia dini khususnya dalam hal kisah kota-kota dalam al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode penyampaian Kisah Kota-Kota dalam Al-Qur’an karya Rani Yulianty menggunakan penyajian visualisasi, gambar, ornamen, dan metode komik. Kelebihan dari buku ini menggunakan bahasa yang ringan sehingga mudah dipahami bagi anak-anak, memiliki visualisasi yang bagus dengan menampilkan letak dan gambaran kota tersebut dan banyak game yang menarik buat anak-anak. Buku ini kurang dalam hal tidak memasukkan pelajaran penting atau mengambil kesimpulan di akhir setiap kisah kota yang disajikan, penulisnya lebih cenderung menyampaikannya secara umum di halaman terakhir buku.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Teza, Ahmad, Akhmad Sulthoni, and Edy Wirastho. “Concepts and Methods of Story Telling Al-Qur’an Stories for Early Childhood: A Study of the Book of Kisah Kota-Kota Dalam Al-Qur’an by Rani Yulianty”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 6, 2024): 234–248. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/24309.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Teza, Ahmad, Akhmad Sulthoni, and Edy Wirastho. “Concepts and Methods of Story Telling Al-Qur’an Stories for Early Childhood: A Study of the Book of Kisah Kota-Kota Dalam Al-Qur’an by Rani Yulianty”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 6, 2024): 234–248. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/24309.

Referensi

Abdurrahman, Jamal. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2000.

Afif, Muhammad. Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-Anak: Surat Al-Fatihah. Bandung: Mizan, 2021.

Amin, Alfauzan. “Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam,” Madania 21, no. 2 (2017): 157–70.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Ariyanti, T. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak”, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2016), 50–58.

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press, 2009.

Azhari, Azhari. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Q.S. Luqman Ayat 12-15), Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.

Bancin, M and Masitah, W. “Implementasi Metode Bercerita Tentang Kisah Nabi Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2024): 203–15, https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.513.

Fauziah, Rsp and Abdurakhman, O. “Metode Cerita (Berbasis Cerita Dalam Al-Quran) Pada Pendidikan Anak Usia Dini,” Jurnal Sosial Humaniora 4, no. 1 (2013): 34–44.

Hidayat, Hakmi, Alvin Nurafrizal, Sri Ramadani, & Diva Alawiyah Batubara, “Memahami Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an”. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan 1, no. 1 (2024).

Holidi Holidi, Karoma Karoma, and Annisa Astrid. “Metode Storytelling Dalam Membina Perilaku Religius Siswa Sekolah Dasar YP Indra Palembang”. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15, no. 1 (2021): 28–39, https://doi.org/10.51672/alfikru.v15i1.43.

Imami, Fildzah. “Mengkaji Kisah Dalam Al-Qur’an Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini,” Aciece 3 (2018): 101–14.

Lubis, Maulana Arafast, Nashran Azizan, and Erna Ikawati, “Kajian Gender Dan Anak,” Jurnal Kajian Gender Dan Anak 4, no. 1 (2020): 63–82, jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender.

Minsih, Annisa Rachmawati, Imam Mujahid, “Internalizing Social Care Characters Through Tadabbur Al-Qur’an in Elementary School”, Proceedings of the International Conference on Progressive Education (ICOPE), 2019.

Nugroho, Irham. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Kisah-Kisah Yang Terkandung Ayat Alquran,” P 8, no. 1 (2017): 2549–7146, http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi.

Permendikbud Nomor 147, “Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014,” Angewandte Chemie International Edition 6, no. 11 (2014): 10–27.

Sutiah, Sutiah and Hardiyana, Andri. “Metode, Penerapan Bergambar, Cerita Kemampuan, Meningkatkan Anak, Berbicara Dini, Usia Tkit, Kelompok A Hidayah, Noor Kabupaten, Klangenan”, Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak 1, no. 2 (2020): 71–86.

Trismayanti, Regina, Melinda, Muhammad Rizky, and Dwi Noviani. “Al-Qur’an Sebagai Sumber Hukum Islam Di Zaman Modern: Tinjauan Dari Segi Teori Dan Praktik”. Social, Educational, Learning and Language (SELL) 1, no. 2 (2023): 175–186. https://doi.org/10.61930/sell.v1i2.40.

Yulianty, Rani. Kisah Kota-Kota dalam Al-Qur'an: Seru, Mengagumkan, dan Penuh Hikmah. Jakarta: Cerdas Interaktif, 2016.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.