Concepts and Methods of Tadabbur al-Qur'an for Early Childhood: A Review of the Book Tadabbur al-Qur’an for Kids

Isi Artikel Utama

Zulfi Azkian Nur
Akhmad Sulthoni

Abstrak

Islam sangat mementingkan pendidikan anak dimulai sejak usia dini. Apabila anak-anak kurang mendapat pendidikan pada permulaan hidupnya, sebagian dari mereka akan tumbuh besar dengan akhlak yang rusak, suka berbohong, dengki, mencuri, mencela, dan suka campur tangan dalam urusan orang lain. Surah al-Qur’an yang menyinggung betapa pentingnya keberadaan anak itu sendiri adalah QS. al-Kahfi ayat 46, Allah berfirman: “Harta dan anak anak adalah perhiasan dalam kehidupan dunia”. Penelitian ini bertujuan membahas konsep dan metode tadabbur al-Qur’an melalui analisis karya tim redaksi Ummul Qura’ yakni kitab Tadabbur Al-Qur’an for Kids. Dengan menggunakan metodologi kualitatif, studi kepustakaan, penelitian ini berfokus pada dua aspek utama: pemahaman tim redaksi Ummul Qura’ tentang konsep dan metode tadabbur al-Qur’an untuk anak usia dini, dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tim redaksi Ummul Qura’ mampu memberikan Solusi untuk pendidikan anak usia dini dengan menyajikan pemahaman yang aplikatif dan bermakna, di antaranya menyajikan kemudahan bagi anak-anak dalam mentadabburi al-Qur’an, memudahkan untuk menghafal al-Qur'an, penyajian terjemah setiap ayat, pengenalan penamaan surah al-Qur’an, tadabbur dan memahami inti sari ilmu al-Qur'an, panduan untuk mengamalkan isi al-Qur'an, referensi yang lengkap, mengajak anak-anak untuk menyelami lebih lanjut, dan memberikan motivasi untuk menjadi ahli al-Qur'an.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azkian Nur, Zulfi, and Akhmad Sulthoni. “Concepts and Methods of Tadabbur Al-Qur’an for Early Childhood: A Review of the Book Tadabbur Al-Qur’an for Kids”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 6, 2024): 209–223. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/24332.
Bagian
Artikel

Cara Mengutip

Azkian Nur, Zulfi, and Akhmad Sulthoni. “Concepts and Methods of Tadabbur Al-Qur’an for Early Childhood: A Review of the Book Tadabbur Al-Qur’an for Kids”. JIA (Jurnal Ilmu Agama) 25, no. 2 (December 6, 2024): 209–223. Accessed May 9, 2025. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/24332.

Referensi

Abdurrahman, Jamal. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2000.

Afif, Muhammad. Tafsir Al-Qur’an Untuk Anak-Anak: Surat Al-Fatihah. Bandung: Mizan, 2021.

Annuri, Ahmad. et al. “Usaha KH. As’ad Humam Dalam Pembaruan Sistem Pengajaran Baca Al-Qur’an”. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2014).

Ariyanti, T. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak”. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2016).

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press, 2009.

Asnawir and Usman, M Basiruddin. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Perss, 2002.

Azhari, Azhari. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Q.S. Luqman Ayat 12-15). Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2014.

Bahri, Samsul. “Urgensi Strategi Pembelajaran Karakter Pada Anak Usia Dini”. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2019).

Basri, Mahmud, and Hamzah, Hamzah. “Appreciation of The Qur’an for Knowledge Able People (Study of Verses on Science in the Qur’an)”. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama 24, no. 1 (2024).

Fuadah, Nur. Pentingnya Mengajarkan Anak Mengaji Sejak Dini. UIN Walisongo Semarang, 19 Mei 2022.

Hamzah, Amir. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Tadabbur”. Jurnal Al-Mubarak 1 no. 2 (2024).

Hidayah, Aida. “Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Qur’an Cilik Mengguncang Dunia)”. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis 18, no. 1 (2018).

Jaafar, Noornajihan. “Tadabbur al-Quran and its Implications for Mental and Emotional Well-Being under Movement Control Order Conditions”. Revelation and Science 12, no. 1 (2022).

Julianto, Teguh Arafah. Metode Menghafal Dan Memahami Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Melalui Gerakan Isyarat ACQ, Institut Agama Islam Negeri Palopo, 2020.

Liriwati, Fahrina Yustisari. Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13, Seminar Nasional Paud Holistik Intergratif, Gorontalo, 2021

Listari, Wira Kurnia and Alimni. “Pendidikan Islam Masa Dinasti Abbasiyah dan Perkembangan Pendidikan Islam Masa Modern”. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik 4, no. 2 (2023).

Mardiah, Anisatul. et al. “Family: Foundation of Children's Education in the Era of Qur'anic Disruption”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 5 (2023).

Minsih, Rachmawati, Annisa and Mujahid, Imam. “Internalizing Social Care Characters Through Tadabbur Al-Qur’an in Elementary School”, Proceedings of the International Conference on Progressive Education (ICOPE), 2019.

Mukaromah, Ning. “Dinasti Abbasiyah Metode Dan Materi Pendidikan Dasar Kuttab”. Tarbawi: Jurnal Studi Pendidikan Islami 5, no. 1 (2018).

Mukhlis, Abdul. “Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara (Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah)”. Al-Iman Jurnal keislaman dan kemasyarakatan 1, no. 1 (2017).

Murjito, Imam. Minhaj al-Qiro’aty Pedoman Metode Praktis Bacaan Ilmu Baca al-Qur’an Qira’at. Semarang: Yayasan Pendidikan al-Qur’an Raudhatul Mujawwidin, t.t.

Qaththan, Manna’ al-. Mabahits fi Ulum al-Qur’an. Kairo: Maktabah Wahbah, t.th.

Salamah, Ika Halimatus. Juz 'Amma publications for kids in Indonesia: A study of authorship, presentation, and interpretation approaches. Tesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2024.

Solihin, M. Awaluddin and Noviriani. “Membentuk Akhlak Anak dengan Menghafal dan Tadabbur Al-Qur’an di Madrasah Alam Ya Bunayya Muara Bungo”. Nur El-Islam: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan 9, no. 2 (2024).

Tim Penerjemah. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI, Yayasan Penerjemah dan Penerbit Al-Qur’an, 2001.

Tim Redaksi Ummul Qura, Tadabbur Al-Qur’an for Kids. Kartosuro-Solo: Zain Penyejuk Hati, 2023.

Zamakhshari, Muhammad Umar al-. al-Kashaf. Bairu: Dar al-Kutab al-'Arabi, 1407 H.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

Zulfikar, Eko. “Living Qur’an: Konstruksi Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Majelis Qira’ah Wat Tahfidz Pondok Pesantren Murattil Al-Qur’an Lirboyo Kota Kediri”, MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 4 , no. 1 (2019).