Sebuah PERJUANGAN PALESTINA DALAM PUISI ṬARĪQUN WĀHIDUN KARYA NIZAR QABBANI (Analisis Semiotik)

Isi Artikel Utama

Muhammad Iqbal Rivai

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran analisis semiotika Michael Riffaterre terhadap puisi Ṭarīqun Wāhidun oleh Nizar Qabbani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dan kajian dalam penelitian ini didasarkan pada berbagai sumber, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan semiotik Riffaterre, yaitu makna Heuristik, makna Hermeneutik, ketaklangsungan ekspresi, model, varian, matriks, dan hipogram. Hasil penelitian ini mengungkapkan makna Heuristik puisi ini adalah tentang seorang pria yang berkeinginan mendapatkan senapan untuk pergi medan perang Palestina. Puisi ini menunjukkan kuatnya keinginan Nizar Qabbani untuk memperjuangkan Palestina sehingga mampu merangkai puisi dengan indah. Maknanya didapat berdasarkan pembacaan hermeneutika yang diperkuat dengan model “Hanya ada satu jalan menuju Palestina melewati ujung senapan” yang mempunyai 4 variannya yaitu: senapan, kehilangan, jihad, revolosioner. Matriks puisi ini adalah “keinginan untuk memperjuangkan Palestina dengan mendapatkan senjata, yang dimana Palestina mengalami kehilangan rumah dan tanah airnya, dan mengajak reveolesioner untuk berjihad memerdekakan tanah Palestina".

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rivai, M. I. (2024). Sebuah PERJUANGAN PALESTINA DALAM PUISI ṬARĪQUN WĀHIDUN KARYA NIZAR QABBANI: (Analisis Semiotik). Kitabina: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 23-40. https://doi.org/10.19109/kitabina.v5i1.22374
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Rivai, M. I. (2024). Sebuah PERJUANGAN PALESTINA DALAM PUISI ṬARĪQUN WĀHIDUN KARYA NIZAR QABBANI: (Analisis Semiotik). Kitabina: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 23-40. https://doi.org/10.19109/kitabina.v5i1.22374

Referensi

Al-Hasyimi, A. (1967). Jawāhiru al-Adab Ju’s as-Sāni. Mesir: maktabah at-tijāriyyah al-kubrā

Bill R. Scalia, (2012). “Toward a Semiotics of Poetry and Film: Meaning-Making and Extra-Linguistic Signification,” Film Quarterly 40, no. 1

Biografi Nizar Qabbani [online]: https://www.nizariat.com (diakses Desember 2023)

Endaswara, S. (2011). Metodelogi penelitian sastra. Cetakan ke-1. Jakarta: CAPS

Faruk. (1996). Aku’ Dalam Semiotika Riffaterre. Humaniora 3, no.

Fathoni, A. A. (2007). Leksikon sastrawan arab modern biografifan karyanya. Yogyakarta: data media

Hasibuan, S. (2021). “Puisi Hanīn’ Karya Faruq Juwaidah Dalam Antologi Law Annanā Lam Naftariq (Analisis Semiotika Riffaterre).” Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 7, no. 1

Hitti, P. K. (2005). History of the arabs. Jakarta : PT. Semabi Ilmu semesta

M. Yunus. (2010). Kamus Arab-Indonesia. Ciputat: PT. Mahmud Yusnus Wa Dzurriyyah

Nawāsir albarūmī (online) http://boromi.blogfa.com/post/38

Penjelasan Ṭarīqun Wāhidun karya nizar qabbani (online) https://mawdoo3.com (diakses Dessember 2023)

Per Backstrom, (2011). “Forgive Us,o Life!The Sin of Death: A Critical Reading of Michael Riffaterre’s Semiotics of Poetry,” Textual Practice 25.

Pradopo, Rachmat Djoko. (1999). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Pemaknaan Sastra. Jurnal Humaniora, Januari-April (10): 76-84

_______________. (2017). Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta

_______________. (2018). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Penerbit Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Puisi Ṭarīqun Wāhidun karya Nizar Qabbani (online) https://diwandb.com (diakses desember 2023)

Riffaterre, M. (1978). Semiotics of Poetry. Indiana University Press: Bloomington & London

Rusmana, D. (2014). Filsafat Semiotika. Bandung: Pustaka Setia,.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Teeuw, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. PT Dunia Pustaka Jaya: Bandung

Warginata, H. W & Fitriana, L. (2008). Sastra Arab . Lintang Budaya Malang :UIN Malang Press.