Probing the Fusion of Arabic and Gorontalo Dialect in the Daily Linguistic Landscape of Students at Al-Falah Islamic Boarding School

Isi Artikel Utama

Muhammad Jundi
Renni Hasibuan
Suleman D. Kadir

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik bahasa Arab sehari-hari yang digunakan oleh para santri di Pondok Pesantren Al-Falah Limboto Barat, dengan memperhatikan aspek interferensi bahasa ibu para santri, yang umumnya adalah bahasa daerah Gorontalo. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deduksi dan deskripsi. Temuan dari penelitian ini dijelaskan dalam lima sub-pembahasan yang saling berkaitan. Pertama, kelancaran berbicara dalam komunikasi sesama santri menunjukkan bahwa santri dapat berbicara dengan lancar dan cepat dalam bahasa Arab tanpa mengalami kesulitan berarti dalam memahami satu sama lain. Kedua, terdapat kasus pelafalan huruf dan kaidah kebahasaan yang kurang tepat dalam beberapa situasi. Ketiga, terjemahan harfiah dari kalimat bahasa Gorontalo ke bahasa Arab menampilkan kalimat dengan nuansa bahasa Gorontalo namun disampaikan dengan kosakata bahasa Arab. Keempat, pengaruh bahasa ibu dalam produksi bahasa Arab sebagai bahasa kedua santri tercermin dalam penambahan partikel dalam kalimat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa karakteristik bahasa Arab sehari-hari santri Pondok Pesantren Al-Falah sangat dipengaruhi oleh bahasa Gorontalo. Meskipun komunikasi antar sesama santri berjalan lancar, masih perlu adanya upaya perbaikan dalam penggunaan bahasa Arab mereka.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jundi, M., & Hasibuan, R. (2023). Probing the Fusion of Arabic and Gorontalo Dialect in the Daily Linguistic Landscape of Students at Al-Falah Islamic Boarding School. Kitabina: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(02), 97-106. https://doi.org/10.19109/kitabina.v4i02.20255
Bagian
Articles

Cara Mengutip

Jundi, M., & Hasibuan, R. (2023). Probing the Fusion of Arabic and Gorontalo Dialect in the Daily Linguistic Landscape of Students at Al-Falah Islamic Boarding School. Kitabina: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(02), 97-106. https://doi.org/10.19109/kitabina.v4i02.20255

Referensi

Ahya, A. S. (2022). Pragmatik Bahasa Arab. LECTURER REPOSITORY.
Alkhudiry, R. I. (2020). Analysing EFL discourse of Saudi EFL learners: Identifying mother tongue interference. The Asian ESP Journal.
Amatullah, M. N., & Aziza, L. F. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia Dalam Bahasa Arab: Kasus Pada Kesalahan Berbahasa Siswa Kelas X Man 1 Sragen. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab, 3(1), 47–60.
Amir, N., & Nurjannah, N. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kalam Santri dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TKA/TPA. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 59–63.
Arif, M. (2019). METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4(1), Article 1.
Bahruddin, U., Amrullah, A. M. K., & Audina, N. A. (2021). Constructivism in Maharah Kalam lecture using the Instagram media: The implementation, problems, and tertiary students’ perceptions in Indonesia. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(1), 127–140.
Bawamenewi, A. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 200–208.
Çi̇çek, M. (2022). معوقات الطلاقة اللغوية لدى الناطقين بغير العربية وسبل معالجتها. Ağrı İslami İlimler Dergisi, 6(11), Article 11.
Cowie, N. (2009). Observation. Dalam J. Heigham & R. A. Croker (Ed.), Qualitative Research in Applied Linguistics: A Practical Introduction (hlm. 165–181). Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/9780230239517_8
Dalle, M. (2019). ‫تحليل الأخطاء النحوية والصرفية في تركيب الكلام: دراسة مقارنة بين برنامج الجدال العربي الكندي وبرنامج الجدال العربي منابر‬ [Master, UIN Maulana Malik Ibrahim]. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=p--bHocAAAAJ&authuser=5&citation_for_view=p--bHocAAAAJ:9yKSN-GCB0IC
Dalle, M. (2023). Unveiling Salafi Puritanism Indoctrination: A Case Study of an Islamic Boarding School for Girls in Malang. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), Article 1.
Dalle, M., & Jundi, M. (2021a). Sosio-Politik Orang Bugis dan Islamisasi Masyarakat Sulawesi Timur di Zaman Kolonialisasi Belanda. HEURISTIK: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31258/hjps.1.2.90-106
Dalle, M., & Jundi, M. (2021b). البيئة العربية في المدرسة العالية ثنائية اللغة باتو (Lingkungan Berbahasa Arab di Madrasah Aliyah Bilingual Batu). Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.47435/naskhi.v3i2.662
Dalle, M., & Jundi, M. (2022). ULAMA DAN UMARA DALAM MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DI TANAH BUGIS ABAD XX. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.137-159
Ellis, R. (1994). The study of second language acquisition. Oxford University.
Ellis, R. (2010). Second language acquisition, teacher education and language pedagogy. Language teaching, 43(2), 182–201.
Firmansyah, M. A. (2021). Interferensi dan Integrasi Bahasa. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 8(1), 46–59.
Hasan, A. A. (2020). Arabic Language Learning Curriculum Islamic Boarding School System. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(2), 138–152. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.9985
Hasibuan, R. (2022a). تدخل لغة باتاك مندائيلنج على استعمال اللغة العربية لدى طلاب معهد دار العلوم سيباهو. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 4(2), Article 2.
Hasibuan, R. (2022b). تدخل لغة باتاك مندائيلنج على استعمال اللغة العربية لدى طلاب معهد دار العلوم سيباهو. Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 4(2), 1–16.
Hasibuan, R., Haerullah, I. S., & Machmudah, U. (2023). TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Implementasi dan Efektivitas). Islamic Manuscript of Linguistics and Humanity, 5(1), Article 1.
Hasibuan, R., Jundi, M., & Elbaghdadi, Z. A. (2023). Al Samātu Al Lughowiyyatu Lil Arobiyyati Fil Ma’had Al Islāmi Dirōsatu Hālati Fi Ma’hadi Al ‘Ashri Bil Indōnῑsiyyā. Lughawiyyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.38073/lughawiyyat.v6i2.1088
Hasibuan, R., & Rosyidi, A. W. (2023). Greene & Petty تحليل الكتاب المدرسي" العربية تجمعنا" سلسلة للناطقين بغيرها للصف الثاني المدرسة الإبتدائية على أساس. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 20(1), 63–78.
Hasibuan, R., & Siregar, L. Z. (2023). Al-Akhtā’al-Imlā’iyah al-Syā’iah ladā Talāmῑż al-Şaf al-Śāmin bi Ma’had Dār al-Ulūm Sipaho. JICALLS: Journal of Arabic Education, Linguistics, and Literature Studies, 1(1), 65–78.
Hidayati, N. (2021). The influence of Dayak mother tongue in speaking english at the third semester students of english education at IAIN Palangka Raya. IAIN Palangka Raya.
Isbah, M. F. (2020). Pesantren in the Changing Indonesian Context: History and Current Developments. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i1.5629
Jundi, M. (2020a). Pendidikan Islam dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad saw. Bagi Generasi Muda. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v5i1.6193
Jundi, M. (2020b). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Naḥwu dengan Sistem Daring. Al-Ma‘rifah: Jurnal Budaya, Bahasa, dan Sastra Arab, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.21009/almakrifah.17.02.01
Jundi, M. (2023). تصميم برنامج أندرويد لتعزيز إتقان المفردات لدى طلاب المدرسة العالية. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.35316/lahjah.v4i2.140-158
Jundi, M., Adam, M. Z., Ali, I., Kadir, S. D., & Laubaha, S. A. (2022). Himpunan Mahasiswa Jurusan dan Matrikulasi Bahasa Arab bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(1).
Jundi, M., & Dalle, M. (2022). BAHASA DAERAH DAN BAHASA INDONESIA; NASIONALISME ATAU FANATISME. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 3(1), 106. https://doi.org/10.29103/jspm.v3i1.5987
Jundi, M., Fitriani, L., & Aquil, A. (2023). COLLABORATIVE LEARNING: BOOSTING QAWAID MASTERY WITH STAD MODEL. Thariqah Ilmiah: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan & Bahasa Arab, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.24952/thariqahilmiah.v11i1.7639
Jundi, M., & Hasibuan, R. (2023). Enhancing Arabic Language Proficiency among Students: A Case Study of Language Matriculation Strategies at Al-Hasyimiyah Darul Ulum Sipaho Islamic Boarding School. Kilmatuna: Journal Of Arabic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.55352/pba.v3i2.619
Jundi, M., Kasan, Y., & Kadir, S. D. (2021). Maf’ul Mutlaq Bahasa Arab dan Cognate Object Bahasa Inggris: Analisis Kontrastif dan Sintaksis pada Juz ’Amma. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 153–178. https://doi.org/10.32699/liar.v5i2.2190
Jundi, M., & Nabila, N. (2023). Transformational-Generative Theory Perspective in Teaching The Four Language Skills of Arabic. Al-Fusha : Arabic Language Education Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/alfusha.v5i2.1193
Mobonggi, A. A. (2017). STUDI TENTANG PENGAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AL-FALAH LIMBOTO GORONTALO (PERSPEKTIF METODOLOGIS) [Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4702/
Nurwendah, Y. D., & Mahera, I. A. (2019). Kajian Pragmatik Dalam Bahasa Arab (Analisis Bentuk Dan Fungsi Tindak Tutur Direktif Bahasa Arab Dalam Film “Ashabul Kahfi”). Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 1(1), 1–15.
Parasteh Ghombavani, F., Haghighi, F. A.-S., & Ramin Azad, S. M. (2020). Descriptive-Inferential Analysis of the Content. Environmental Education and Sustainable Development, 8(2), 25–44. https://doi.org/10.30473/ee.2020.6562
Rathomi, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik. Ta dib Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 558–565.
Razimona, T. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM PERSPEKTIF PENDEKATAN KOMUNIKATIF DI PONDOK PESANTREN DARUL LUGHAH WADDIRASAT AL-ISLAMIYAH PAMEKASAN. Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 1–27.
Robbani, A. S., & Zaini, H. (2022). Interferensi Bahasa Sasak terhadap Bahasa Arab Santri. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 317–326.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.
Sartor, G. (2008). Legal Validity: An Inferential Analysis*. Ratio Juris, 21(2), 212–247. https://doi.org/10.1111/j.1467-9337.2008.00388.x
Sholikhah, A. (2016). STATISTIK DESKRIPTIF DALAM PENELITIAN KUALITATIF. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953
Sugiyono, S. (2015). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi (3 ed.). Alfabeta.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Yusrinawati, A., & Ammar, F. M. (2023). Analisis Penerapan Penggunaan Mufradat dalam Komunikasi Bahasa Arab di Pondok Pesantren Islamic Center eLKISI Mojokerto. Academicia Globe: Inderscience Research, 2(3). https://doi.org/10.47134/academicia.v2i3.2
Zuchd, D., & Afifah, W. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Bumi Aksara.
Zulharby, P., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2022). Interferensi Morfologi Bahasa Pertama terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.510