ISTIRÂTÎJIYYAH TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FIL-MADRASAH ATS-TSÂNAWIYYAH AULIA CENDEKIA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3119Abstract
Penentuan strategi pembelajaran bahasa Arab yang tepat sangatlah penting untuk diperhatikan oleh para guru Bahasa Arab. Salah satu sekolah yang gurunya menerapkan strategi khusus dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu di MTs Aulia Cendekia. Adapun strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan salah satunya yaituStrategi True or False. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui strategi yang digunakan oleh guru dan penerapannya serta faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran di MTs Aulia Cendekia Palembang. Adapun strategi yang digunakan oleh guru (A) yaitu Strategi Benar atau Salah, Strategi jigsaw, Strategi Analisis, dan Strategi Mengembangkan Ide. Sedangkan Strategi yang digunakan oleh guru (B) yaitu Strategi Benar atau Salah, Strategi Gallery Session, Strategi Broken Text, dan Strategi Al-Insya’ Min Ashwar. Dalam penerapannya strategi pembelajaran bahasa Arab mempunyai langkah – langkah tertentu. Adapun faktor pendukung dalam menerapkan strategi pembelajaran bahasa Arab yaitu siswa mempunyai kenginan dan semangat dalam belajar bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan strategi pembelajaran bahasa Arab yaitu tidak adanya laboratorium bahasa, kurangnya literatul bahasa Arab di Perpustakaan, sebagian siswa ada yang malas belajar dan adanya kesulitan siswa dalam menerjemahkan bahasa Arab dan menulis Arab karena mereka masih belajar Iqra’. Kata kunci:Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab.Downloads
Published
28-02-2019
Issue
Section
Artikel
License
The requirements that must be met by the author are as follows:
- The author saves the copyright and gives the journal simultaneously with the license under Creative Commons Attribution License which permits other people to share the work by stating that it is firstly published in this journal.
- The author can post their work in an institutional repository or publish it in a book by by stating that it is firstly published in this journal.
- The author is allowed to post their work online (for instance, in an institutional repository or their own website) before and during the process of delivery. (see Open Access Effect).
How to Cite
ISTIRÂTÎJIYYAH TA’LÎM AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH FIL-MADRASAH ATS-TSÂNAWIYYAH AULIA CENDEKIA PALEMBANG. (2019). Taqdir, 4(2), 1-13. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i2.3119