PERSPEKTIF GURU KIMIA, FISIKA, DAN BIOLOGI TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM
Abstract
Seyogyanya, pemutakhiran kurikulum dilakukan lima tahun sekali. Perubahan kurikulum yang berkesinambungan memberikan kesan tersendiri bagi guru-guru di sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai respon guru terhadap perubahan kurikulum yang terjadi. Penelitian ini merupakan studi kasus di tiga SMA Kabupaten Sumatera Selatan. Sebanyak lima orang guru dilibatkan sebagai responden penelitian, yang terdiri dari 3 orang guru kimia, 1 orang guru fisika, dan 1 orang guru biologi. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru setuju terhadap perubahan kurikulum. Namun guru-guru tersebut lebih menyukai kurikulum lama dibandingkan kurikulum baru untuk diimplementasikan di sekolah.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
05-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. PERSPEKTIF GURU KIMIA, FISIKA, DAN BIOLOGI TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 10, 2 (Jan. 2023), 18–25.