KESIAPAN GURU KIMIA MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Kurikulum Merdeka resmi diberlakukan secara nasional pada tahun 2024. Guru adalah kunci keberhasilan dari implementasi kurikulum di sekolah pada mata pelajaran masing-masing. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan guru kimia dalam menghadapi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan studi kasus di salah sekolah di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data menunjukkan bahwa guru kimia telah siap menghadapi Kurikulum Merdeka. Guru kimia tersebut menyadari bahwa perubahan kurikulum itu adalah hal yang biasa dan selalu terjadi. Tidak ada perbedaan signifikan persiapan mengajar antara implementasi Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
05-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. KESIAPAN GURU KIMIA MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 11, 2 (Jan. 2023), 7–11.