PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon kepraktisan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa. Prosedur pengembangan dan penelitian menggunakan model ADDIE sampai tahap ADD, yang terdiri dari tahap, analysis (analisis), design (perancangan), dan development (pengembangan). Tahap development (pengembangan) menggunakan uji coba one to one dan uji coba small group. Penelitian ini melibatkan empat validator, yaitu validator ahli desain, ahli bahasa, dan 2 ahli materi. Subjek uji coba one to one dan uji coba small group adalah peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori valid, ahli materi 1 memperoleh nilai sebesar 96,55% dengan kategori sangat valid, ahli materi 2 memperoleh nilai sebesar 98,57% dengan kategori sangat valid. Rata-rata dari keempat validator tersebut yaitu 82,66% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran asam dan basa dikategorikan sangat baik, dimana pada tahap one to one memperoleh nilai sebesar 88,88% dengan kategori sangat praktis, dan pada tahap small group memperoleh nilai sebesar 89,12 dengan kategori sangat praktis.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
13-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI KELAS XI. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 11, 1 (Jan. 2023), 6–11.