Efektivitas Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Pulau Beringin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Pulau Beringin. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan jenis penelitian pra-experimental design melalui one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pulau Beringin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 69 siswa, pengambilan sampel yang terpilih menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI IPA A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar atau rata-rata posttest kelas XI IPA A 81,28. Nilai N-gain score hasil belajar peserta didik yang diperoleh sebesar 0,60 dengan kriteria sedang. Hasil uji hipotesis pada data hasil belajar siswa menggunakan uji Paired Sample t-test diperoleh sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa hasil uji paired sample t-test-hitung 0,000 ˂ 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia berbasis learning cycle 5E efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMA Negeri 1 Pulau Beringin.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
09-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Efektivitas Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Pulau Beringin. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 1 (Jan. 2023), 21–27.