PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa. Bentuk desain penelitian yang digunakan yaitu post test only control design. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Swasta di Kota Palembang, dimana siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa masing-masing baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berjumlah 32 siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa hasil Sig.(2-Tailed) < 0,05 yaitu 0,002 sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI di salah satu Madrasah Swasta di Kota Palembang.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
13-01-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 11, 2 (Jan. 2023), 20–24.