PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOLOID
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem koloid dengan menggunakan model pembelajaran TGT di MA Al-Fatah Palembang. Prosedur eksperimen dari penelitian ini mengadopsi desain Quasy Eksperimental dengan teknik nonequevalent control group design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di MA Al-Fatah Palembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest untuk hasil belajar kognitif. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji analisis dengan paired samples test menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem koloid kelas XI MIA di MA Al-Fatah PalembangDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
04-02-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOLOID. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 10, 1 (Feb. 2023), 29–35.