PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOLOID

Authors

  • Karima Damai Ati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Moh. Ismail Sholeh Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hartatiana Hartatiana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Wiwid Pungki Ningrum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem koloid dengan menggunakan model pembelajaran TGT di MA Al-Fatah Palembang. Prosedur eksperimen dari penelitian ini mengadopsi desain Quasy Eksperimental dengan teknik nonequevalent control group design. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di MA Al-Fatah Palembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 yang berjumlah 32 siswa  sebagai  kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest untuk hasil belajar kognitif. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil uji analisis dengan paired samples test menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem koloid kelas XI MIA di MA Al-Fatah Palembang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-02-2023

How to Cite

[1]
2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM KOLOID. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 10, 1 (Feb. 2023), 29–35.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>