Penggunaan Instrumen Test Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Fisika
Abstract
Physics is a science that has many different concepts. Many students have difficulty understanding concepts in physics learning. Because learning physics tends to interpret physics concepts based on formulas contained in textbooks without going through the process of discovery, processing, and development of knowledge can cause students not to master the concept properly. This can cause many students to experience misconceptions. Efforts and instruments are needed to measure student misconceptions which are commonly called three-tier multiple choice diagnostic tests. This study aims to provide a reference related to the identification of misconceptions in students using a three-tier multiple choice test instrument on physics concepts. the researcher conducted research using the meta-analysis method which is an effort to summarize various research results documenting some data related to the identification of misconceptions using a three tier multiple choice instrument which was published in a national journal. From this study it is proven that the use of a three tier multiple choice instrument can identify students' misconceptions.Downloads
Download data is not yet available.
References
Alhinduan, S. R., Kurniawan, Y., & Mulyani, R. (2016). Identifikasi kuantitas siswa yang miskonsepsi menggunakan three tier-test pada materi listrik dinamis. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 1(1), 29–31.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Bulan, S. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Miskonsepsi Three-Tier Test pada Materi Hukum Newton. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 876–886.
Irsanti, R., Khaldun, I., & Hanum, L. (2017). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tierdiagnostic test pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit di kelas x sma islam al-falah kabupaten aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3).
Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–14.
Maison, M., Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Identification of misconception of high school students on temperature and calor topic using four-tier diagnostic instrument. Edusains, 11(2), 195–202.
Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). Pengembangan tes diagnostik three tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas xi. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110.
Noegroho, D. H., Sudarsono, F. X., & Haryanto, S. (2017). Identifikasi miskonsepsi dalam pembelajaran IPA ruang lingkup materi dan sifatnya di SMP Joannes Bosco Yogyakarta kelas VIII tahun ajaran 2014-2015. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 22–30.
Qodriyah, N. R. L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Habiddin, H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2642–2651.
Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Gramedia Widiasarana.
Syahrul, D. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).
Suhadi & Mabruroh, F (2020), Tauhid & Fisika Kenyataan Fisika dalam Kesadaran Tauhid, Prenadamedia.
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48–58.
Yolviansyah, F., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di SMA N 8 Kota Jambi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 541–545.
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.
Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1).
Bulan, S. (2019). Pengembangan Tes Diagnostik Miskonsepsi Three-Tier Test pada Materi Hukum Newton. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 876–886.
Irsanti, R., Khaldun, I., & Hanum, L. (2017). Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tierdiagnostic test pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit di kelas x sma islam al-falah kabupaten aceh besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(3).
Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–14.
Maison, M., Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Identification of misconception of high school students on temperature and calor topic using four-tier diagnostic instrument. Edusains, 11(2), 195–202.
Mubarak, S., Susilaningsih, E., & Cahyono, E. (2016). Pengembangan tes diagnostik three tier multiple choice untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik kelas xi. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110.
Noegroho, D. H., Sudarsono, F. X., & Haryanto, S. (2017). Identifikasi miskonsepsi dalam pembelajaran IPA ruang lingkup materi dan sifatnya di SMP Joannes Bosco Yogyakarta kelas VIII tahun ajaran 2014-2015. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 22–30.
Qodriyah, N. R. L., Rokhim, D. A., Widarti, H. R., & Habiddin, H. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xi SMA Negeri 4 Malang Pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2642–2651.
Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Gramedia Widiasarana.
Syahrul, D. A. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(3).
Suhadi & Mabruroh, F (2020), Tauhid & Fisika Kenyataan Fisika dalam Kesadaran Tauhid, Prenadamedia.
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48–58.
Yolviansyah, F., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika di SMA N 8 Kota Jambi. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 541–545.
Yuliati, Y. (2017). Miskonsepsi siswa pada pembelajaran IPA serta remediasinya. Bio Educatio, 2(2), 279470.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2020. Penggunaan Instrumen Test Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Pada Konsep Fisika. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 1 (Jun. 2020), 39–43.