Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Gelombang Bunyi Di SMA Adabiyah Palembang

Authors

  • Ayu Herviana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Andi Putra Sairi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah materi gelombang bunyi di SMA Adabiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI. IPA yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh atau pemilihan sampel secara sensus, dimana semua anggota dari populasi menjadi sampel. Peserta didik kelas XI. IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dan taraf signifikansi = 5 %. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukkan syarat Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika materi gelombang bunyi di SMA Adabiyah Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

10-03-2023

How to Cite

[1]
2023. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Gelombang Bunyi Di SMA Adabiyah Palembang. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 2 (Mar. 2023), 25–31.