Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Gelombang Bunyi Di SMA Adabiyah Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah materi gelombang bunyi di SMA Adabiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas XI. IPA yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling jenuh atau pemilihan sampel secara sensus, dimana semua anggota dari populasi menjadi sampel. Peserta didik kelas XI. IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI. IPA 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t dan taraf signifikansi = 5 %. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 0,004 < 0,05. Hal ini menunjukkan syarat Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika materi gelombang bunyi di SMA Adabiyah Palembang.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
10-03-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Gelombang Bunyi Di SMA Adabiyah Palembang. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 2 (Mar. 2023), 25–31.