Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Alat Optik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Project Based Learning yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, memvalidasi LKPD dan uji coba lapangan untuk mengetahui kepraktisan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif yang terdiri dari saran dan komentar dari para ahli dan data kualitatif dilihat dari analisis kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan peneliti mendapat hasil yaitu pada validator ahli materi sebesar 62,5 dengan kategori baik, validator ahli bahasa sebesar 41 dengan kategori sangat baik dan validator ahli media sebesar 61,5 dengan kategori baik. Hasil uji coba lapangan terbatas analisis angket respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD fisika berbasis PjBL mempunyai rata-rata skor 88% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil uji coba operasional menunjukkan rata-rata skor 91% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dari kedua uji terbatas dan uji operasional dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD fisika berbasis PjBL pada materi Alat Optik dapat dikatakan “Sangat Praktis”.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
10-03-2023
Issue
Section
Articles
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
[1]
2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Alat Optik. Al ’Ilmi : Jurnal Pendidikan MIPA. 9, 1 (Mar. 2023), 44–50.