PEMETAAN KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP DAN SMA

Main Article Content

Bunga Ihda Norra

Abstract

The learning media in SMP and SMA in the 2013 curriculum have shifted needs. This research was conducted because of the monotony of the thesis products made by biology teacher candidates at UIN Walisongo. Learning media is an important factor in the learning process so that it can increase the effectiveness and quality of student learning. The purpose of this study was to determine the mapping of biology learning media and to analyze the needs of instructional media in the 2013 curriculum. The sample was taken by using purposive sampling technique. The method of data collection is done by using the method of observation, interviews and documentation. The analysis shows that the learning media in SMA and SMP Kota Semarang have a variety of media types (visual, audio-visual, computer, power point and interactive), although certain media are only available in limited quantities at schools. Types of biology learning media that can be used to achieve the goals of the 2013 Curriculum by researchers include: audio visual / video, interactive media and technology-based media. Because the 2013 curriculum is scientific-based learning, the three media support this type of scientific learning. Suggestions for teachers to use more varied learning media.
Keywords: Mapping, Biology Learning Media, 2013 Curriculum.
Abstrak
Media pembelajaran di SMP dan SMA dalam kurikulum 2013 mengalami pergeseran kebutuhan. Penelitian ini dilakukan karena kemonotonan produk skripsi yang dibuat oleh calon guru biologi di UIN Walisongo. Media pembelajaran adalah faktor penting dalam proses pembelajaran supaya dapat meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemetaan media pembelajaran biologi dan menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada kurikulum 2013. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran di SMA dan SMP Kota Semarang memiliki kelengkapan dalam variasi jenis media ( visual, audio visual, komputer, power point dan interaktif), meskipun media tertentu hanya tersedia dalam jumlah terbatas pada sekolah. Jenis media pembelajaran biologi yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan Kurikulum 2013 oleh peneliti antara lain : audio visual/video, media interkatif dan media berbasis teknologi. Karena kurikulum 2013 pembelajaran berbasis saintifik, ketiga media tersebut mendukung jenis pembelajaran saintifik. Saran untuk guru supaya menggunakan media pembelajaran yang lebih bervariasi.
 
Kata Kunci :  Pemetaan, Media Pembelajaran Biologi, Kurikulum 2013

Article Details

How to Cite
Norra, B. I. (2020). PEMETAAN KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP DAN SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 94-102. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6964
Section
Articles

How to Cite

Norra, B. I. (2020). PEMETAAN KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP DAN SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 94-102. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6964