Efektivitas Konseling Individual Menggunakan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal

Authors

  • Siti Zahra Bulantika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Kushendar Kushendar Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Hj Sa'adah Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.19109/ghaidan.v3i2.4984

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan konseling individu menggunakan teknik brainstorming untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di MTS N 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal atau disebut Single Subject Research (SSR) pada subjek siswa kelas VIII di MTS N 1 Bandar Lampung. Desain penelitian A1-B-A2 menggunakan instrumen GAS (Goal Attainment Scaling) yang terdiri dari beberapa skala GAS, yaitu self-efficacy, partisipasi di depan kelas, keterbukaan, reaksi spontan, dan kejujuran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam komunikasi interpersonal melalui teknik brainstorming di baseline A1, intervensi, dan baseline A2.

References

AlMutairi, A. N. M. (2015). The Effect of Using Brainstorming Strategy in Developing Creative Problem Solving Skills among Male Students in Kuwait: A Field Study on Saud Al-Kharji School in Kuwait City. Journal of Education and Practice, 6(3), 136–145.
Bulantika, S. Z., Wibowo, M. E., & Jafar, M. (2018). Group Counseling with Systematic Desensitization Techniques and Thought-Stopping Techniques to Reduce Social Anxiety. Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 106–112.
Connor, P., Harris, E., Guy, S., Fernando, J., Shank, D. B., Kurz, T., … Kashima, Y. (2016). Interpersonal communication about climate change: how messages change when communicated through simulated online social networks. Climatic Change, 136(3–4), 463–476.
Karim, A. (2018). Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII DI SMPN 4 Rumbio Jaya. PEKA, 5(1), 1–12.
Lusiani, L. P., Putra, D. B. K. T. N. G. R. S., Manuaba, I. B. S., & Fo, M. (2016). Penerapan Problem Based Learning Dengan Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Parks, M. J., & Kim, S. (2018). Interpersonal communication in response to an intervention and its impact on smoking cessation within a low-income population. Health Education & Behavior, 45(4), 550–558.
Semonella, M., Chirico, A., Pedroli, E., Gaggioli, A., & Riva, G. (2018). The Italian Adaptation of Interpersonal Communication Competences Questionnaire. International Symposium on Pervasive Computing Paradigms for Mental Health, 34–41. Springer.
Syahputra, A. F., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Teknik Brainstorming Dalam Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2).
Thahir, A., Rimandona, R., & Bulantika, S. Z. (2018). Cinematherapy and Thought-Stopping Techniques to Reduce Social Anxiety. Proceedings International Conference of Counseling Education and Psychology (ICONCEP), 1.
Thakker, D., Karanasios, S., Blanchard, E., Lau, L., & Dimitrova, V. (2017). Ontology for cultural variations in interpersonal communication: Building on theoretical models and crowdsourced knowledge. 1411–1428.
Ulya, E. D., Saleh, A., & Interpersonal, W. B. P. E. K. (2016). Penerapan Etika Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Program Diploma IPB. 14(1).
Usman, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai pada Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 10(1).
Utami, K. B. (2018). Pengaruh Teknik Brainstorming Menggunakan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa Kelas Xi MIA SMA N 1 Lubuk Basung. Journal of Residu, 2(9), 69–76

Downloads

How to Cite

Bulantika, S. Z., Kushendar, K., & Sa'adah, H. (2019). Efektivitas Konseling Individual Menggunakan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 3(2), 58-64. https://doi.org/10.19109/ghaidan.v3i2.4984

Most read articles by the same author(s)