IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOTS DAN HOTS PADA KELAS RENDAH DI SDN 49/IV KOTA JAMBI

Main Article Content

Dwi Miza Rozalia

Abstract

This study aims to describe the implementation of LOTS and HOTS-based learning in the lower class at SDN 49/IV Jambi city. This research was conducted at SDN 49/IV Jambi City on 07 January to 07 February 2022. The research approach used was a qualitative approach with the type of case study research. The data in this study are in the form of a description of the implementation of LOTS and HOTS-based learning in low grades obtained through observations and interviews, which indicate that lower grade teachers have prepared LOTS and HOTS-based Learning Implementation Plans (RPP) with grade I, II, and III teachers. as the main data, interviews with lower grade teachers and school principals as well as documentation as supporting data. After collecting data, qualitative data analysis was then carried out. The results showed that the low grade teachers of SDN 49/IV Jambi City had implemented it in designing the LOTS and HOTS-based Learning Implementation Plans (RPP) with good categories. From the research results, the teacher has designed a Learning Implementation Plan (RPP) based on LOTS and HOTS. In LOTS and HOTS-based learning with categories C1, C2, C3 low-level thinking (LOTS) and categories C4, C5, and C6 high-order thinking (HOTS).

Article Details

How to Cite
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOTS DAN HOTS PADA KELAS RENDAH DI SDN 49/IV KOTA JAMBI. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 90-107. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.12231
Section
Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS LOTS DAN HOTS PADA KELAS RENDAH DI SDN 49/IV KOTA JAMBI. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 90-107. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.12231

References

Ain Nurul, Kurniawati Maris. Implementasi Kurikulum KTSP Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Malang

Anderson, L. W., & Kratwohl, R.D 2010. Kerangka Lanndasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka belajar.

Bangun Astika Tara. Analisis Keseuaian Antara Komponen RPP Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 14 Langsa Dan Kurikulum 2013.

Bararah, Isnawardatul. 2017 Efektifitas Perencanaann Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Banda Aceh.

Barrat, C. 2014. Higher Order Thinking and Assesment. International Seminar On Current Issues In Primary Education. Prodi PGSD Uniersitas Muhammadiyah Makasar.

Danhas Mardayeli, Danhas Yun Henri. 2020. Pendidikan Lingkungan

Deviana & Kusumaningtyas. (2019). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS(higher order thinking skills) Pada Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, vol. 06 No. 02.

Diane, E. Papalia, Sally Wendkos Old and Ruth Duskin Feldman, 2008., perkembangan kognitif jean piaget. Jakarta.

Dinni, Husna Nur. 2018. HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan
Kemampuan Literasi Matematika. Semarang: Journal Prisme I.

Ega Gradini. Menilik konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi ((Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika

Fanny, Arif Mahya. Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Kemampuan Analisis Mata Kuliah Pembelajaran Ips di Sekolah Dasar, Surabaya: Jurnal Pendidikan Dasar.

Gistha Rosardi, Raras, Supardi. 2021. Perencanaan Pembelajaran Ips Integratif. Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.

Hadi Samsul. Pengembangan Kurikulum Tematik Anak Usia Dini.

Hanafi Halid, Muakkir. 2019. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta

Hasanah Uawatun. 2020. Pengantar Microteacing: Ilmiah Dinamika Sosial: vol 1

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Kenedi kiswanto Ary. Desain Instrument Higher Order Thingking Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Di Jurusan PGSD

Kiswara Bagas Andreas, Murwaningsih Tri, Susantiningrum. Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis HOTS Pada Program Keahlian Otomatis Tata Kelola Perkantoran. SMKN di kota Surakarta.

Kiswara Bagas Andreas, Murwaningksih Tri, Susantiningrum. Analisis penerapan pembelajaran berbasis HOTS pada program keahlian otomatis tata kelola perkantoran SMK Negeri. Samarinda.

Kunandar. 2011. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung.

Maleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masdiana,dkk. Penerapan Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Pada Siswa Kelas 1. Mamuju utara. Vol 3 No 2 Matt Jarvis. (2011). Teori-Teori Psikologi, Cet. X. Bandung: Nusa Media.

Margana, Agus Widiyantoro, Samsul Maarif, 2015 Perkembangan Bahan Ajar Bahasa

Inggris Berbasis K-13 dengan Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skills bagi Peserta Didik SMK di Yogyakarta.

Milles, Mattew B. dan Huberman A. Michel. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri Arista Berlian, Sofyan Ali Fuaddilah. 2019. Analisis Kesulitan Proses Pembelajaran Berbasis HOTS di Kelas V. SDN 4 Muara Padang.

Rapih & Sutaryadi; 2018, Boaler & Staples, 2008; Franco, sztajn, & Ortigao.

Rapih, S., & Sytardi. (2018). Perspektif Guru Sekolah Dasar Terhadap Higher Order Thinking Skills Pemahaman, Penerapan, dan Hambatan. Premier Education: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran.

Rijali ahmad, 2018, Analisis data kualitatif. Banjarmasin. Vol 17

Saputra. 2016. Taksonomi Bloom, Pengajaran dan Penilaian.

Simanihuruk Lidia. dkk. Pembelajaran STEM Berbasis Hots Dan Penerapnnya

Sugiyono. 2010. Metode Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Wahyuni, Luh Gede Eka, Paramartha, A. A. Gede Yudha, Dewi, Ni Luh Putu Eka Sulistia, Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Penjabaran Indikator Pembelajaran Berbasis HOTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal SENADIMAS Ke-4.