UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DARING ZOOM MEETING DI SMAN 1 KANDIS OGAN ILIR
Main Article Content
Abstract
The purpose of this research is to improve student learning outcomes through used online media “zoom meeting” in PAI learning. Classroom Action Research (CAR) was conducted in 2 cycles. The research subjects were students of X IPS 2 (second social 10th grade) SMA Negeri 1 Kandis which consisted of 30 students. The Data collection technique used in this research was student learning outcomes. The results of this research indicate that the application of online media ‘zoom meeting’ can improve student learning outcomes. It can be seen from the percentage of indicator students participating in online learning using the zoom meeting media has increased. The percentage of student results in the first cycle the average percentage is 27%. In cycle II the average percentage of student learning outcomes increased to 73% and has reached an achievement indicator of 70%. Based on the results of the analysis of research data, it can be concluded that there is a significant increase of students learning outcomes through online media zoom meeting in PAI learning in X IPS 2 SMA Negeri 1 Kandis in academic year 2021/2022
Article Details
How to Cite
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DARING ZOOM MEETING: DI SMAN 1 KANDIS OGAN ILIR. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 60-70. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i1.13155
Section
Articles
How to Cite
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA DARING ZOOM MEETING: DI SMAN 1 KANDIS OGAN ILIR. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 60-70. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i1.13155
References
Aqib, Zainal, dkk, 2009, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:
Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Black & Horalsen, 1988. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dewi, Dinda Silviana, 2021. https://tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-caramenggunakannya-eGF7 diakses pada tanggal 1 November 2021
Fibriyanto, 2021. https://www.localstartupfest.id/kelebihan-kekurangan-zoom// diakses pada
tangga 23 Juli 2021
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan
Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). (http://ejournal.uinsuska.ac.id) di
akses pada 23 juli 2021
Prawiro, M. 2018. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/analisis-data.html diakses pada
tanggal 23 Juli 2021
Rahdiyanta, Dwi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan
Karakteristik PTK). (http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/penelitian-tindakankelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf) di akses pada 23 Juli 2021
Sumini, Th. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru.
(https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal%20Historia%20Vitae/vol24no1
april2010/PENELITIAN%20TINDAKAN%20KELAS%20Th%20sumini.pdf) diakses
pada 23 Juli 2021
Sofyan, Ahmad, Fauzan. 2019. Modul Penelitian Tindakan kelas. PPG. Diakses pada tanggal 23
Juli 2021
Slameto, 1991, Belajar dan Factor-Factor Yang Mendorongnya, Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Tristian, Hartono, 2021. https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/diakses pada
tanggal 23 Juli 2021
Yoga M, Catur, 2013. http://www.caturyogam.info/2013/07/penelitian-tindakan-kelas-ptkkriteria.html diakses pada tanggal 23 Juli 2021
Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Black & Horalsen, 1988. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Dewi, Dinda Silviana, 2021. https://tirto.id/mengenal-aplikasi-meeting-zoom-fitur-dan-caramenggunakannya-eGF7 diakses pada tanggal 1 November 2021
Fibriyanto, 2021. https://www.localstartupfest.id/kelebihan-kekurangan-zoom// diakses pada
tangga 23 Juli 2021
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset
Mahnun, Nunu. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan
Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). (http://ejournal.uinsuska.ac.id) di
akses pada 23 juli 2021
Prawiro, M. 2018. https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/analisis-data.html diakses pada
tanggal 23 Juli 2021
Rahdiyanta, Dwi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (Pengertian, Prinsip, dan
Karakteristik PTK). (http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569341/penelitian/penelitian-tindakankelas-pengertian-prinsip-karakteristik.pdf) di akses pada 23 Juli 2021
Sumini, Th. 2010. Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru.
(https://www.usd.ac.id/lembaga/lppm/f1l3/Jurnal%20Historia%20Vitae/vol24no1
april2010/PENELITIAN%20TINDAKAN%20KELAS%20Th%20sumini.pdf) diakses
pada 23 Juli 2021
Sofyan, Ahmad, Fauzan. 2019. Modul Penelitian Tindakan kelas. PPG. Diakses pada tanggal 23
Juli 2021
Slameto, 1991, Belajar dan Factor-Factor Yang Mendorongnya, Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta
Tristian, Hartono, 2021. https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/diakses pada
tanggal 23 Juli 2021
Yoga M, Catur, 2013. http://www.caturyogam.info/2013/07/penelitian-tindakan-kelas-ptkkriteria.html diakses pada tanggal 23 Juli 2021