The MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG Problem Based Learning

Main Article Content

Nany Fitriany
Hartatiana Hartatiana
Riza Agustiani
Taufiqurrachman Taufiqurrachman

Abstract

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL
PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1
MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG
 
Nany Fitriany
e-mail:nanyfitria52@gmail.com
UIN Raden Fatah palembang
 
 
Abstrak: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG
Latar belakang penelitian ini adalah untuk menguji hasil belajar menggunakan  model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik. Penelitian bertujuan mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas 1 MI Fajar Siddiq Palembang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian didesain dalam dua siklus. Prosedur pada setiap siklus, mencakup tahap-tahap: 1) pengembangan fokus masalah, 2) perencanaan tindakan perbaikan, 3) pelaksanaan tindakan, observasi, dan interpretasi, 4) analisis dan refleksi, 5) perencanaan tindak lanjut. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan hasil tes kemampuan intensif siswa. Data hasil observasi pada siklus I, dideskripsikan dan diinterpretasikan kemudian direfleksi untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan  model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan perolehan nilai dari siklus I sebesar 52% dan  siklus II sebesar 92%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase sebesar dari siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pencapai KKM siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan perolehan nilai dari siklus I sebesar 68,5 dan siklus II  sebesar 83,2. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan  dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II menunjukkan adanya peningkatan dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa: Dengan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar pada siswa kelas 1 MI Fajar Siddiq  2021/2022.
 
 
 
Kata Kunci : Problem Based Learning, hasil belajar, pembelajaran tema

Article Details

How to Cite
The MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG: Problem Based Learning. (2023). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.13564
Section
Articles

How to Cite

The MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 MI FAJAR SIDDIQ PALEMBANG: Problem Based Learning. (2023). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.13564