PELAKSANAAN PENILAIAN PENGETAHUAN LISAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Main Article Content
Abstract
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memperoleh data dan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik. Tes merupakan salah satu prosedur evaluasi yang komprehensif, sistematik, dan objektif yang hasilnya dapat dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dalam proses pengajaran yang dilakukan oleh guru. Tes lisan merupakan salah satu tes yang digunakan dalam penilaian aspek pengetahuan. Tes lisan merupakan oral test dimana jawaban atas pertanyaaan yang diajukan menuntut siswa memberikan jawaban secara lisan. Tes lisan dapat dibedakan menjadi dua yakni: Tes lisan bebas dan Tes lisan berpedoman. Tes lisan memiliki kelebihan dan kekurangan. Manfaat pertanyaan dengan tes lisan yaitu Mengembangkan pemahaman siswa, Mengembangkan kemampuan berpikir dan membuat keputusan, Mengaktifkan kedua belah pihak guru dan siswa. Penentuan materi dilakukan dengan memperhatikan kriteria: urgensi, kontinuitas, relevansi, keterpakaian. Beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam merencanakan tes lisan diantaranya: Menentukan kompetensi pengetahuan yang sesuai, menyusun indikator proses dan hasil belajar, menetukan kriteria kunci yang menunjukkan capaian indikator, menyusun pedoman pertanyaan, menyiapkan rubrik penilaian.
Article Details
How to Cite
PELAKSANAAN PENILAIAN PENGETAHUAN LISAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 129-140. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.14972
Section
Articles
How to Cite
PELAKSANAAN PENILAIAN PENGETAHUAN LISAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. (2022). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 129-140. https://doi.org/10.19109/guruku.v1i2.14972