KEBHINEKATUNGGALIKAAN DAN PANCASILA SEBAGAI PEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI BUDAYA SEKOLAH
Main Article Content
Abstract
Article Details
How to Cite
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15(01), 121-138.
Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Building Tolerance Attitudes of PPKN Students Through Multicultural Education Courses. Jurnal Etika Demokrasi, 6(1), 103–115.
Dwiputri, F. Ayu dan Anggraeni, D., 2021. Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1), 1267-1273.
Ismail, dkk., 2020. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1), 76-24.
Khan, Y. (2010). Pendidikan karakter berbasis potensi diri. Yogyakarta: Pelangi.
Misrawi, Z. (2013). Kesadaran Multikultural dan Deradikalisasi Pendidikan Islam: Pengalaman Bhinneka Tunggal Ika Dan Qabul Al-akhar. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 2. No (1), hlm 197-215.
Mukminin, A. 2014. Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(02), 227-252.
Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan, Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.
Ningsih, dkk., 2022. Indonesiaku Bhineka Tunggal Ika: Jakarta. Samudera Biru.
Nugroho, A. dan Wijayanti, P. M. 2016. Kebhinekaan dan Masa Depan Indonesia: Peran Ilmu Sosial dalam Masyarakat. Prosiding Seminas Nasional Psikologi Indigenous Indonesia, Universitas Negeri Malang. 27 Agustus 2016. Hal. 398-411.
Rahayu, Sri MH., 2019. Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jurnal Pendidikan. 28(3), 289-304.
Ramdhani, M. A. 2017. Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28-37.
Suyahman. (2016). Analsis Kebijakan Pendidikan Gratis di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1047–1054.
Zulkarnain, D. (2019). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. In Jurnal Civic Education (Vol. 3, Issue 1)