UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN MATERI SURAT AL HUJURAT AYAT 13 DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA

Main Article Content

Seto Wicaksono Sodiq
Ade Akhmad Saputra

Abstract

The aim of this research is: (a) Want to know the increase in knowledge of Surah Al Hujurat Verse 13 in class IV students at SDN 41 Plus Banasin III after implementing the Discovery Learning learning model strategy. This research uses two rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: design, activities and observation, reflection, and revision. The target of this research was class IV students at SDN 41 Plus Banyuasin III who had not yet fulfilled their KKTP. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. From the analysis results, it was found that students' knowledge increased from cycle I to cycle II, namely, cycle I (68.00%) and cycle II (92.00%). The conclusion of this research is that the discovery learning model can have a positive effect on student learning motivation, and this learning model can be used as an alternative PAI learning.

Article Details

How to Cite
UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN MATERI SURAT AL HUJURAT AYAT 13 DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA. (2024). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 36-49. https://doi.org/10.19109/xhedqa64 (Original work published 2024)
Section
Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN MATERI SURAT AL HUJURAT AYAT 13 DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA. (2024). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 36-49. https://doi.org/10.19109/xhedqa64 (Original work published 2024)

References

Ahmad, Rulan, 2 0 1 6 Pengantar Pendidikan Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Ahmadi, R. (2014). Pengantar pendidikan: asas dan filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 39.

Aida, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran PAKEM dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala Tahun Pelajaran 2021/2022. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 5086–5090.

Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.

Arief, S. (2016). Media pendidikan.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bum i Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Azhar, Lalu Muhammad. 1993. Proses Belajar Mengajar Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional.

Cholifah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Eksperimen. Academy of Education Journal, 10(02), 142–151.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasibuan K.K. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lestari, R. S. (2022). PENINGKATAN PRESTASI SISWA TENTANG ARUS KEGIATAN EKONOMI MELALUI METODE BELAJAR SIMULASI PERMAINAN PASAR. Al Kamal, 2(1), 209.

Mardiyani, M. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 101731 Kp. Lalang Kec. Sunggal Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 2(1), 38–46.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineksa Cipta.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press.

Pahmi, M. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa VII MTsS Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Tahun Pelajaran 2022/2023. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 193–200.

Rustiyah, N.K. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Semarang: Aneka Ilmu.

Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakarta: PAU- PPAI, Universitas Terbuka.

Sukidin, D., & Suranto, D. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Insa. Cendekia, 10.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Syafrimar, S. (n.d.). PENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENEGAH PERTAMA. SUARA GURU, 2(3), 255–262.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

YANTI, D. W. I. A. (2023). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Rejang Lebong: Model Pembelajaran PAKEM Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Rejang Lebong. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(4), 238–245.