PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 2 BANDA ACEH

Main Article Content

Mira Dahlia Sari
Rapida Wati
Mulyani
Moenti Irfan
Rauza Putri Rinaldi
Rajusandi Rahmat Amin
Julpikar

Abstract

This Classroom Action Research (PTK) is motivated by the low learning outcomes of students in science subjects, especially this is due to boring teaching methods. This Classroom Action Research (PTK) aims to improve student learning outcomes in Science Class VA SD Negeri 2 Banda Aceh through the application of the Think Pair Share Learning Method. The benefits of this Classroom Action Research (PTK) are that it can improve teacher teaching skills, can improve the quality of teacher teaching, can improve understanding of material for students, can improve and can improve student learning outcomes. Classroom Action Research (PTK) which consists of 2 cycles. The data in this study were obtained from teachers of student test results. Based on the research data from cycle I to cycle II, it is obtained that the level of student learning outcomes has increased significantly. So, the conclusion is that the application of the Think Pair Share Learning Method can improve student learning outcomes in science learning class IV A SD Negeri 2 Banda Aceh.

Article Details

How to Cite
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 2 BANDA ACEH. (2024). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 12-20. https://doi.org/10.19109/2r4rtw22
Section
Articles

How to Cite

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 2 BANDA ACEH. (2024). Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 12-20. https://doi.org/10.19109/2r4rtw22

References

DESI, R. M. P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 18 WAY SERDANG MESUJI (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).Dimyati, m. (2022). Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Diakses 20/05.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150-158.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Lisnawati, L. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Menemukan Unsur-Unsur Intrinsik Fabel Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik NHT Kelas VII MtsN 2 Agam. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 115-127.

Ningsih, S. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Murid Kelas V SDN Sudirman III Makassar.

Nurbaiti, Y., & Mosik, M. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Social Skill Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 178-185.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rosdi, I. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share). Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(2), 191-198.

Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.

SIHOMBING, R. E. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TEBING SYAHBANDAR TP 2022/2023. JURNAL ILMIAH MAKSITEK, 8(1), 105-109.

Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., & Wulandari, I. G. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 462-470.

Suparno, N., Hermawan, A. D., Vatimah, E., Jatnika, R., Alawi, A., Andini, A. S., ... & Hasanah, N. (2023). Problema dan Solusi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Yuliani, M., Habibi, M. R., & Irawan, D. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DI SDN SUMBEK LOMBOK TENGAH. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1013-1018.