PERAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA KURIKULUM SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Article Details
How to Cite
References
Ahmad, Z., Lasmawan, I. W., & Margunayasa, I. G. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning dan Model Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Computational Thinking Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 369–382. https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i2.3446
Anggo, A. Y., Santoso, G., Wuriani, D., & Bosawer, A. (2023). Mengidentifikasi peluang dan tantangan yang muncul dari keragaman budaya Indonesia secara mandiri dan critical thingking. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 310–331.
Arfa, A., & Lasaiba, M. (2022). Multicultural Education and Its Implementation in the Field of Education. GEOFORUM Jurnal Geografi Dan Pendidikan Geografi, 1(2), 111–125. https://doi.org/10.30598/geoforumvol1iss2pp111-125
Atmaja, T. S. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 8(3), 1906–1915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7664
Gunawan, R. D., Badarussyamsi, B., & Musa, M. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural. Journal of Educational Research, 1(1), 23–40. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.8
Haholongan, R., Ananda, Y., Ariffin, D. R., Santoso, D. G., & Panjaitan, A. (2024). Analisis gaya kepemimpinan terhadap peningkatan loyalitas anggota organisasi Hima Manajemen STEI. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 2916–2929.
Huda, M. M., Maftuh, B., & William, N. (2023). Urgensi Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1015–1022. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5576
Juaini, A., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Gaya Mengajar Guru Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Nw Kotaraja Lombok Timur, Ntb. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1890–1909.
Lubis, S. K., & Salminawati. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Moderasi Beragama Siswa di SD IT Al Munadi Medan Marelan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 373–390. https://doi.org/10.58230/27454312.244
Maghfiroh, H., Halim, A., & Beddu, M. J. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam melalui Penguatan Nilai-Nilai Multikultural di SMP Negeri 20 Batam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 1162–1175.
Mahmudah, H. (2021). Pendidikan Agama Islam untuk Resolusi Konflik dan Perdamaian. Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 19(2), 89–100. https://doi.org/10.52266/kreatif.v19i2.794
Mochammad, et al. (2023). Dampak Pendidikan Multikultural terhadap Sikap Toleran dan Inklusif Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural, 10(2), 150–165. https://doi.org/10.xxxx/jpm.v10i2.xxxx
Mustahiqurrahman, M., Nurwahidah, N., & Adnia, R. M. (2023). Penerapan dan Penguatan Pendidikan Islam Multikultural di Sekolah Umum. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 13(1), 158–168. https://doi.org/10.37630/jpi.v13i1.1109
Nasrullah, M., Budiono, B., & Tinus, A. (2018). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MAN LANGKE REMBONG RUTENG NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Civic Hukum, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.22219/jch.v3i2.8661
Ni, et al. (2024). Pendidikan Multikultural sebagai Upaya Pencegahan Konflik Sosial Sejak Dini. Jurnal Sosial Dan Pendidikan, 15(1), 90–105. https://doi.org/10.xxxx/jsp.v15i1.xxxx
Nurhasanah, S. (2021). INTEGRATION OF MULTICULTURAL EDUCATION IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING (PAI) TO FORM TOLERANT CHARACTERS. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 133–151. https://doi.org/10.51729/6135
Nurjannah, S. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN PAI KONTEKSTUAL. Analysis, 2(1), 204–213. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/analysis/article/view/609
Rahmiati, R., & Azis, F. (2023). Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 6007–6018.
Sibaweh, I., Setiawan, D., Mahmud, & Erihadiana, M. (2024). Pertimbangan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3895–3904. https://doi.org/10.58230/27454312.905
Suciartini. (2017). Urgensi pendidikan toleransi dalam wajah pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan. JURNAL PENJAMINAN MUTU, 3(1). https://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1324
Wahyudi, J. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Praktik Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Huda Natar. UNISAN JURNAL, 3(8), 655–669. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/3332
Watoni, M. S. (2019). Integritas Pendidikan Multikultural dalam Implementasi Kurikulum 2013. AS-SABIQUN, 1(1), 142–162. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.343
Zaenuri, & Fatonah, S. (2022). Analisis Implementasi Peran Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Toleransi Pada Mata Pelajaran Pkn Di MI Ma’arif Darussalam Plaosan Yogyakarta. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 181–190. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.284