Sejarah Generasi Awal Madrasah Nahwu Bashrah dan Pengaruhnya terhadap Metode Pengajaran Nahwu di Mesir
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji sejarah perkembangan Ilmu Nahwu Madrasah Bashrah serta peran para ulama pencetusnya dan pengaruhnya terhadap pengajaran Nahwu di Mesir. Penelitian ini menggunakan studi pustaka sebagai pokok kajiannya. Hasil dari penelitian ini adalah pemaparan biografi singkat ulama generasi awal Madrasah Bashrah, sejarah pengkodifikasian ilmu Nahwu dan metode yang digunakan di dalamnya. Selanjutnya, penjelasan sejarah Madrasah Nahwu Mesir serta karakteristik karangan ilmu Nahwu para ulamanya. Penulis menyimpulkan dalam kajiannya terdapat korelasi antara Madrasah Nahwu Bashrah dengan Madrasah Mesir dari beberapa sisi: Pertama, ketersinambungan silsilah keilmuan antara ke dua madrasah. Kedua, peran para ulama Nahwu Mesir yang mengkomparasi madrasah Nahwu Bashrah-Kuffah. Ketiga, pengembangan Madrasah Mesir dari sisi metode karangan ilmu Nahwu yang berbentuk simplifikasi karangan dalam bentuk bait-bait puisi ilmu (mutun al ilm).
Article Details
How to Cite
[1]
“Sejarah Generasi Awal Madrasah Nahwu Bashrah dan Pengaruhnya terhadap Metode Pengajaran Nahwu di Mesir”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 243–256, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5634.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Sejarah Generasi Awal Madrasah Nahwu Bashrah dan Pengaruhnya terhadap Metode Pengajaran Nahwu di Mesir”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 243–256, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5634.
References
‘Abdur Rodhi, Ahmad Muhammad, Nasyatun an Nahwi al ‘Arabiy, wa Tathowwuruhu wa Ittijȃhȃtuhu, (Kairo: Maktabah Tsaqofah Ad Diniyyah, 2012)
As Sinjirjȋ, Musthafa Abdul Aziz, al madzȃhib an nahwiyyah fi dhoui ad dirasȃt allughowiyyah al hadisah (Makkah: al Maktabah al Faisholiyyah, 1986,)
Dhoif , Syauqy, al madȃris an nahwiyyah, (Kairo: Dȃrul Ma’ȃrif, 1992)
Fakhir, Ali Muhammad, Tȃrikh An Nahwu Al ‘Araby Mundzu Nasy’atihi Hatta Al Ân, (Kairo: Maktabah Adab, 2015)
Hasan Az Zubaydy al Andalusy, Abu Bakar Muhammad bin, Thobaqatu an Nahwiyyȋn wa al Lughawiyyȋn, (Kairo: Dȃrul Mȃ’rif, 1984)
Hasan Milkawy, Fathi, Mukhtashor Al binȃ al fikriy, (Oman: Markaz Ma’rifatu al Insȃn lin nasyr wa tauzȋ, 2016)
Syanawi, ‘Abdul Aziz Muhammad Asy, Al Azhar Jȃmi’an wa Jȃmi’atan, (Kairo: Maktabah Usroh)
Thantawy, Muhammad, Nasyatun an Nahwy wa Tarikhu Asyhari an Nuhȃt (Kairo: Dȃrul Mȃ’rif, 2017)
As Sinjirjȋ, Musthafa Abdul Aziz, al madzȃhib an nahwiyyah fi dhoui ad dirasȃt allughowiyyah al hadisah (Makkah: al Maktabah al Faisholiyyah, 1986,)
Dhoif , Syauqy, al madȃris an nahwiyyah, (Kairo: Dȃrul Ma’ȃrif, 1992)
Fakhir, Ali Muhammad, Tȃrikh An Nahwu Al ‘Araby Mundzu Nasy’atihi Hatta Al Ân, (Kairo: Maktabah Adab, 2015)
Hasan Az Zubaydy al Andalusy, Abu Bakar Muhammad bin, Thobaqatu an Nahwiyyȋn wa al Lughawiyyȋn, (Kairo: Dȃrul Mȃ’rif, 1984)
Hasan Milkawy, Fathi, Mukhtashor Al binȃ al fikriy, (Oman: Markaz Ma’rifatu al Insȃn lin nasyr wa tauzȋ, 2016)
Syanawi, ‘Abdul Aziz Muhammad Asy, Al Azhar Jȃmi’an wa Jȃmi’atan, (Kairo: Maktabah Usroh)
Thantawy, Muhammad, Nasyatun an Nahwy wa Tarikhu Asyhari an Nuhȃt (Kairo: Dȃrul Mȃ’rif, 2017)