Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan

Main Article Content

Mohamad Fahri
Ahmad Zainuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana membangun pengawasan yang berkelanjutan di bidang pendidikan. Adapun dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan, sehingga hanya melihat tinjauan berdasarkan teori-teori yang ada. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembinaan dan pengembangan profesi guru merupakan hal yang sangat penting, karena akan berdampak pada mutu sekolah/madrasah, akan tetapi perlu diperhatikan usaha pembinaan dan pengembangan kompetensi tenaga pendidik hendaknya diikuti oleh peran serta pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta harus didukung oleh stakeholder seperti masyarakat. Selain itu, harus adanya motivasi kerja guru, menerapkan manajemen terbuka, penerapan deskripsi pekerjaan dengan tugas dan fungsi yang jelas, menerapkan hubungan vertikal ke bawah, pemetaan program dan kegiatan peningkatan motivasi kerja, pengawasan yang berkelanjutan dan menyeluruh, dan evaluasi.

Article Details

How to Cite
[1]
“Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 213–220, Jun. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5641.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Membangun Pengawasan Berkelanjutan di Bidang Pendidikan”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 213–220, Jun. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5641.

References

Aqib, Z. (2009). Menjadi Guru Profesional Berstandar Nasional. Rama Widya.
Chairunnisa, C. (2016). Manajemen Pendidikan dalam Multi Perspektif. Raja Grafindo Persada.
Hidayat. (2019). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).
Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2013). Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah: Membangun Sekolah yang Bermutu. Alfabeta.
Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan secara Mandiri). Ar-Ruzz Media.
Natika. (2012). Guru Profesional dan Tunjangan Profesi. Quantum: Jurnal Madrasah Dan Pendidikan Agama Islam.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.
Samsuadi. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru. Journal of EST 21.
Setiawan, B. A., & Muhith, A. (2013). Transformational Leadership: Ilustrasi di Bidang Organisasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Supriyoko. (2002). Pendidikan Tanpa Guru. Kompas.
Ulfatin, N., & Triwiyanto, T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Rajawali Pers.