Guru dan Orang Tua dalam Interaksi Edukatif

Main Article Content

Sy Bariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas pola interaksi edukatif antara guru dan orang tua serta anak didik sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa interaksi edukatif adalah hubungan dua arah antara guru dan anak didik dengan sejumlah norma sebagai mediumnya untuk mencapai tujuan pendidikan. Guru dan orang tua merupakan unsur yang terlibat dalam interaksi edukatif, karena keduanya memiliki peran penting dalam terbentuknya sebuah hubungan pendidikan yang efektif. Komunikasi yang efektif antara orang tua dan guru dibutuhkan dalam rangka menyamakan persepsi kedua belah pihak tentang hal yang dibutuhkan dalam pendidikan anak. Semua kegiatan yang memiliki tujuan, yang memiliki pesan, adanya individu atau kelompok yang aktif, adanya individu atau kelompok yang melaksanakan, adanya metode untuk mencapai tujuan, adanya situasi dan kondisi yang memungkinkan untuk terlaksanannya proses belajar mengajar yang baik, adanya penilaian atau evaluasi terhadap hasil interaksi, maka kegiatan itu bisa tergolong kegiatan yang relevan atau sesuai dengan kegiatan yang berupa interaksi yang bernilai edukatif.

Article Details

How to Cite
[1]
“Guru dan Orang Tua dalam Interaksi Edukatif”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 257–268, Jun. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5975.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Guru dan Orang Tua dalam Interaksi Edukatif”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 257–268, Jun. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.5975.

References

Anis Pusitaningtyas, Pengaruh Komunikasi Orang Tua dan Guru terhadap Kreativitas Siswa, Jurnal: International Seminar on Generating Knowledge Through Research, UUM-UMSIDA, 25-27 October 2016, Universiti Utara Malaysia, Malaysia.
Ardayani, Lili. 2017. Proses Pembelajaran dalam Interaksi Edukatif, Jurnal: Itqan, Vol. 8 No. 2.
Asrori, Mohammad. 2009. Psikologi Pembelajaran, Bandung: Bumi Kencana.
Eva Santika, Gusti Budjang, Izhar Salim, Interaksi Edukatif Guru Dan Siswa dalam Diskusi Kelompok Kecil di SMA Islamiayah, (Jurnal: JIPP, Vol. 4 No. 10, 2015), hal 2-3.
Fariyatul Fahyani, Eni & Istikomah. 2016. Psikologi Belajar & Mengajar: Kunci Sukses Guru dan Peserta Didik dalam Interaksi Edukatif, Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Gustina. 2009. Lingkungan Keluarga sebagai Wahana Sosial dan Interaksi Edukatif bagi Anak: Suatu Tinjauan Sosio-Edukasi Religius terhadap Pendidikan dalam Keluaraga, Jurnal: Ta’dib Vol. 12 No. 2.
Hany Almasitoh, Ummu. 2014. Guru sebagai Pelaku Utama Proses Pendidikan, Jurnal: Magistra, No.87.
Hasibuan dan Moedjiono. 1992. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Juhji. 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan, Jurnal: Studia Didaktika, Vol. 10 No. 1, 2016.
Nazarudin, M. (2018). Pola Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIN 2 Kota Palembang. Intizar, 24(2), 211-218. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v24i2.3259
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Rahman, N. (2009). Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Cet I Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Sudirman. 1987. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Remaja Karya.
Syahraeni, Andi. 2015. Tanggung Jawab Keluarga dalam Pendidikan Anak, Jurnal: UIN-Alaudin.ac.id.
Usman, A. Samad. 2017. Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam, Jurnal:Ar-Raniry.