Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya

Main Article Content

Mabsud Mabsud
Aflatun Muchtar
KA Bukhori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana pelaksanaan program Tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsananawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan evaluatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan evaluasi konteks ditemukan data bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah melaksanakan pembelajaran Tahfiz al-Qur’an dalam rangka mencetak kader ulama yang bertanggungjawab bagi syiar Islam yang berciri khas al-Qur’an. Dengan dukungan dari berbagai elemen yang ada di Madrasah Tsanawiyah sehingga siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian setiap siswa secara garis besar sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik sebelum masuk ke Madrasah Tsanawiyah, untuk sarana prasarana sudah cukup baik, ditambah juga kompetensi profesional guru-guru al-Qur’an. Evaluasi proses dari metode maupun perencanaan dikategorikan cukup baik dengan faktor pendukung program yang sangat banyak. Kemudian dari segi evaluasi produk menghasilkan siswa dari serangkaian evaluasi yang dilaksanakan mayoritas mampu membaca al-Qur’an, bahkan berprestasi di bidang tilawah dan hafiz al-Qur’an, baik tingkat regional maupun nasional.

Article Details

How to Cite
[1]
“Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 291–302, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6105.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 291–302, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6105.

References

Abdurrahmansyah. (2008). Teori Aplikasi Pengembangan dan Telaah Kurikulum PAI di SLTP dan SLTA. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Arikunto Suharsimi dkk. (2010). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet-14. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Qaradhawi Yusuf. (1999). Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.
Baharuddin dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Badwilan AhmadSalim. (2007). Hifzil Qur’anul Karim. Riyad: Dar al Hadarah.
Beni Ahmad Saebani. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.