Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana pelaksanaan program Tahfiz al-Qur’an di Madrasah Tsananawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan evaluatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan evaluasi konteks ditemukan data bahwa Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah melaksanakan pembelajaran Tahfiz al-Qur’an dalam rangka mencetak kader ulama yang bertanggungjawab bagi syiar Islam yang berciri khas al-Qur’an. Dengan dukungan dari berbagai elemen yang ada di Madrasah Tsanawiyah sehingga siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, kemudian setiap siswa secara garis besar sudah mampu membaca al-Qur’an dengan baik sebelum masuk ke Madrasah Tsanawiyah, untuk sarana prasarana sudah cukup baik, ditambah juga kompetensi profesional guru-guru al-Qur’an. Evaluasi proses dari metode maupun perencanaan dikategorikan cukup baik dengan faktor pendukung program yang sangat banyak. Kemudian dari segi evaluasi produk menghasilkan siswa dari serangkaian evaluasi yang dilaksanakan mayoritas mampu membaca al-Qur’an, bahkan berprestasi di bidang tilawah dan hafiz al-Qur’an, baik tingkat regional maupun nasional.
Article Details
How to Cite
[1]
“Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 291–302, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6105.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Evaluasi Pesantren dalam Meningkatkan Efektivitas Menghapal Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Ittifaqiyah Indralaya”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 291–302, Jul. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6105.
References
Abdurrahmansyah. (2008). Teori Aplikasi Pengembangan dan Telaah Kurikulum PAI di SLTP dan SLTA. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Arikunto Suharsimi dkk. (2010). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet-14. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Qaradhawi Yusuf. (1999). Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.
Baharuddin dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Badwilan AhmadSalim. (2007). Hifzil Qur’anul Karim. Riyad: Dar al Hadarah.
Beni Ahmad Saebani. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto Suharsimi dkk. (2010). Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet-14. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Qaradhawi Yusuf. (1999). Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.
Baharuddin dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruz Media.
Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Badwilan AhmadSalim. (2007). Hifzil Qur’anul Karim. Riyad: Dar al Hadarah.
Beni Ahmad Saebani. (2008). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.