Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan populasi seluruh siswa kelas III MI AL-Wasthiyah Kotabaru Karawang pada tahun ajaran 2019/2020. Desain dalam penelitian ini adalah Noneequivalen Control Group Design dengan teknik purposive sampling pengambilan sampel dari populasi dilakukan tidak secara acak. Berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata pada tahap akhir diperoleh bahwa nilai Thitung sebesar 2,913 > Ttabel 2,048 dengan sig. (0,010) < ɑ (0,05) menunjukkan terdapat pengaruh yang tinggi sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 287–290, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6755.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 287–290, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6755.
References
Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.