Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang

Main Article Content

Rosidah Rosidah
Akil Akil
Taufik Mustofa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan populasi seluruh siswa kelas III MI AL-Wasthiyah Kotabaru Karawang pada tahun ajaran 2019/2020. Desain dalam penelitian ini adalah Noneequivalen Control Group Design dengan teknik purposive sampling pengambilan sampel dari populasi dilakukan tidak secara acak. Berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata pada tahap akhir diperoleh bahwa nilai Thitung  sebesar 2,913 > Ttabel 2,048 dengan sig. (0,010) < ɑ (0,05) menunjukkan terdapat pengaruh yang tinggi sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 287–290, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6755.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 287–290, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6755.

References

Mudlofir, Ali dan Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Slameto. 2018. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT RINEKA CIPTA.