Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 1 Kotabaru Karawang

Main Article Content

Anita Aprilia Rachman
Astuti Darmiyati
Dewi Siti Aisyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 1 Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei kelembagaan sekolah. Populasi penelitian sebanyak 200 siswa dengan menggunakan teknik sampling purposive kelas VII H. Jenis data yang digunakan yaitu data nominal, data interval, dan data rasio. Sedangkan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analisis data nya menggunakan distribusi frekuensi, uji normalitas, uji autokorelasi, uji korelasi, uji determinasi, dan uji regresi linearitas sederhana. Hasil yang dianalisis sebagai berikut: 1). Penggunaan model pembelajaran make a match, 2). Keaktifan belajar siswa kelas VII, 3). Adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keaktifan belajar siswa yang signifikan kelas VII di SMPN 1 Kotabaru Karawang.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 1 Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 333–338, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6793.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 1 Kotabaru Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 333–338, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6793.

References

Dwi Cahyani, P. Pengaruh Model pembelajaran Make A Match terhadap belajar di SMK Nasional Bandung: 2017.
Fathurrohman, M. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2015
Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. 2015.
Jamaris, M. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan . Bogor: Ghalia Indonesia. 2013.
Kurniasih, I., & Sani, B. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. 2016.
Poerwardarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1984.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Riadi, Edi. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2016.
Shoimin, A. (cetakan II). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. 2018.
Sinar. Metode Active Learning. Yogyakarta: CV Budi Utama. 2018.
Uno, H., & Mohamad, N. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014.
Uzer Usman, M. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017.
Warsono. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesment. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.
https://www/maxmanroe.com/vid/umum/metode pembelajaran.html. dilihat hari jum’at tanggal 8 Mei 2020.