Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kotabaru

Main Article Content

Gina Himatul Aliyah
Astuti Darmiyanti
Dewi Siti Aisyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhapad motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian tersebut menentukan bahwa Ada Pengaruh yang signifikan antara Variabel model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Kotabaru. Hal ini dapat di ketahui dari analisis data secara menyeluruh. Berdasarkan Uji hipotesis asosiatif atau hubungan dua variabel yang datanya bersekala interval atau rasio maka menggunakan korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS tipe 16.0 hasil perhitungan dari 40 siswa kelas VII sebesar 0,732 dengan nilai p=0,000 hal ini menunjukkan bahwa hubungan kedua varibel tersebut kuat, yaitu berada pada interval 0,600-0,799. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP N 1 Kotabaru. Hal ini dibuktikan Dengan derajat pengaruh sebesar 46,5% artinya masih terdapat 53,5% faktor lain yang bisa mempengaruhi atau memberikan kontribusi kepada motivasi belajar siswa.
Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UU RI Nomor 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2012.
 

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kotabaru”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 361–364, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6797.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kotabaru”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 361–364, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6797.

References

Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
UU RI Nomor 20/2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Jakarta: Cemerlang.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Suprijono, Agus. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2012.