Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui komunikasi keluarga, prestasi belajar siswa, serta pengaruh antara komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar PAI. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, langkah-langkah analisis statistik menggunakan uji parsial, uji normalitas, uji korelasi uji hipotesis dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. hal ini terbukti dari rata- rata nilai angket (Variabel X) serta nilai Raport (Variabel Y). Nilai rata-rata Angket sebesar 3.46 dan nilai rata-rata Raport sebesar 81.4. Jadi Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI diperoleh nilai perhitungan dari koofisien korelasi sebesar 0.36 dapat dikategorikan korelasi tinggi, krena berada diantara 0.61 s/d 0.80 dengan derajat pengaruhnya 22%. Artinya masih terdapat 78% faktor lain yang bisa memmpengaruhi atau memberikan kontribusi kepada Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI.
Article Details
How to Cite
[1]
“Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 339–342, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6798.
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
How to Cite
[1]
“Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 339–342, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6798.
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Rahmawati, Nurul dan Tri Esti Budiningsih. 2011. “Hubungan antara Kualitas Komunikasi Anak dan Orang Tua dengan Kebiasaan Belajar Siswa SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012”. Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol. 4 No.1 Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Rahmawati, Nurul dan Tri Esti Budiningsih. 2011. “Hubungan antara Kualitas Komunikasi Anak dan Orang Tua dengan Kebiasaan Belajar Siswa SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012”. Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol. 4 No.1 Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta