Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang

Main Article Content

Fitri Dwiratnasari
Achmad Junaedi
Lilis Karyawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui komunikasi keluarga, prestasi belajar siswa, serta pengaruh antara komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar PAI. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, langkah-langkah analisis statistik menggunakan uji parsial, uji normalitas, uji korelasi uji hipotesis dan uji pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. hal ini terbukti dari rata- rata nilai angket (Variabel X) serta nilai Raport (Variabel Y). Nilai rata-rata Angket sebesar 3.46 dan nilai rata-rata Raport sebesar 81.4. Jadi Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran PAI diperoleh nilai perhitungan dari koofisien korelasi sebesar 0.36 dapat dikategorikan korelasi tinggi, krena berada diantara 0.61 s/d 0.80 dengan derajat pengaruhnya 22%. Artinya masih terdapat 78% faktor lain yang bisa memmpengaruhi atau memberikan kontribusi kepada Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI.

Article Details

How to Cite
[1]
“Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 339–342, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6798.
Section
Articles

How to Cite

[1]
“Pengaruh Komunikasi Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Karawang”, intelektualita, vol. 9, no. 2, pp. 339–342, Oct. 2020, doi: 10.19109/intelektualita.v9i2.6798.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1 - 14. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Zaini, H., Hadi, A., Sofyan, F. A., & Hamzah, A. (2021). Covid-19 and Islamic Education in School: Searching for Alternative Learning Media. Webology, 18(1).
Rahmawati, Nurul dan Tri Esti Budiningsih. 2011. “Hubungan antara Kualitas Komunikasi Anak dan Orang Tua dengan Kebiasaan Belajar Siswa SMPN 13 Semarang Tahun Ajaran 2011-2012”. Jurnal Psikologi Ilmiah. Vol. 4 No.1 Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta